Home Politik Misteri Cutinya Gibran Saat Muhammadiyah Umumkan Dia Tak Dampingi Prabowo di Acara Dialog Capres-Cawapres

Misteri Cutinya Gibran Saat Muhammadiyah Umumkan Dia Tak Dampingi Prabowo di Acara Dialog Capres-Cawapres

Solo, Gatra.com- Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengajukan surat izin cuti. Pengajuan cuti ini sempat ditengarai untuk memenuhi agenda Dialog Terbuka Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jumat (24/11). Namun belakangan pihak PP Muhammadiyah menyatakan Gibran tak hadir di acara itu.

Sejak Rabu (22/11), Gibran telah mengajukan izin cuti ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan ditembuskan ke Penjabat Gubernur Jawa Tengah.

”Suratnya sudah. Pengajuan izinnya untuk keperluan pribadi, izinnya cuti,” kata Sekreatris Daerah (Sekda) Kota Solo Ahyani saat dihubungi melalui telepon, Kamis (23/11).

Izin yang diajukan Gibran hanya untuk satu hari, yakni Jumat (24/11). Namun tidak menutup kemungkinan jika Gibran memperpanjang izinnya hingga Senin pekan depan.

”Izinnya untuk hari Jumat. Kalau Sabtu dan Minggu kan sudah bukan hari kerja. Tapi saya enggak tahu untuk Senin nanti. Kita tunggu lagi,” katanya.

Karena izin cuti yang diajukan Gibran ini, satu agenda telah dialihkan ke Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa. Kegiatan tersebut yakni peresmian Sekolah Khusus Olahraga (SKO).

”Biasanya langsung diambil alih ke Pak Wawali (Wakil Wali Kota Solo). Suratnya sudah dideliver,” katanya.

Gibran dijadwalkan menghadiri "Dialog Terbuka Muhammadiyah dengan Capres dan Cawapres" di Universitas Muhammadiyah Surabaya pada Jumat (24/11) mendampingi capres Prabowo Subianto. Dua pasangan capres-cawapres, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud, telah memenuhi agenda ini yang digelar secara terpisah.

Gibran sempat menyatakan tidak hadir di dialog tersebut saat dikonfirmasi pada Senin (21/11) lalu. "Pak Prabowo yang hadir. Saya ada agenda lain," kata putra Presiden Joko Widodo, kala itu.

Pada Kamis ini, Gibran yang mendapat pertanyaan yang sama dan sejumlah pertanyaan lain dari wartawan, enggan merespons.

Dialog Terbuka Muhammadiyah ini mengundang ketiga capres dan cawapres. Mereka diminta mengutarakan gagasannya untuk memimpin Indonesia ke depan. Pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar telah menghadiri dialog ini di Universitas Muhammadiyah Solo, Rabu (22/11). Sementara pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menghadiri dialog di Universitas Muhammadiyah Jakarta hari ini.

Belakangan, pada Kamis petang, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, melalui akun media sosial X, @Abe_Mukti, mencuit bahwa Gibran absen di acara itu.

"Saya mendapat informasi dari Mas Nusron Wahid sore ini. Mas @gibran_tweet tidak bisa menghadiri undangan Dialog Publik PP Muhammadiyah dengan capres cawapres di @umsby, Jumat 24 November pukul 09.00-11.00. Dialog hanya akan dihadiri oleh Pak @prabowo. Sangat disayangkan," kata dia.

196