Home Regional Jelang Pencoblosan, KPU NTB Terapkan Teknik Packing Cegah Logistik Rusak

Jelang Pencoblosan, KPU NTB Terapkan Teknik Packing Cegah Logistik Rusak

Mataram, Gatra.com - Ketua KPU NTB Khuwailid menyatakan kesiapan KPU NTB dalam mengawal Pemilu 2024. 

Khuwailid menegaskan, terkait distribusi logistik, KPU melakukan pemetaan menggunakan jalur distribusi rawan yang tersebar di seluruh kabupaten, kota dengan menggunakan Lokasi TPS dan jalur distribusi. 

Untuk daerah yang jalannya extrem, katanya akan menggunakan bantuan beberapa pihak terkait dan untuk jalur air menggunakan alat transportasi laut untuk mengangkut logistik.

“Terkait dengan distribusi logistik kita sudah melakukan pemetaan terkait dengan jalur distribusi rawan dan itu tersebar di seluruh kabupaten kota, indikator yang kita gunakan dalam kerawanan itu adalah TPS dan jalur distribusi,” ujarnya, di Mataram, Selasa (13/2).

Khuwailid menambahkan, untuk mencegah bahan logistik rusak KPU NTB memperhatikan teknik packing seperti membungkus logistik (surat suara) di dalam plastik, lalu dimasukkan ke dalam sampul. Setelah itu di masukkan kembali ke dalam plastik yang baru dan ke tahap selanjutnya memasukkan ke dalam kotak suara, dan terakhir di lapisi plastik kembali.

“Untuk mencegah kerusakan logistik kami meminta kepada KPU Kabupaten/Kota untuk memperhatikan teknik packingan” tandasnya.

Menurutnya, KPU NTB juga memperhatikan kesehatan penyelenggara dengan menyediakan pos kesehatan dengan jalur yang sudah di tentukan. Khuwailid juga menyampaikan bahwa di hari Selasa semua kotak suara atau logistik akan sampai di TPS.

“KPU NTB menyediakan pos kesehatan, dan memastikan kotak suara atau logistik akan sampai di TPS di hari Selasa,” tandasnya.

Ketua Bawaslu NTB, Itratip, menambahkan peran lembaganya dalam menjaga integritas dan keadilan pemilu. Ditegaskan, komitmen Bawaslu NTB dalam melakukan pengawasan yang ketat untuk mencegah dan menindak pelanggaran pemilu menjelang masa tenang. Bawaslu sudah mulai membersihkan alat peraga kampanye yang ada terpasang, dengan di bantu oleh semua pihak mempercepat pembersihan alat peraga di tempat publik.

“Hari ini sudah mulai jalan untuk membersihkan alat peraga kampanye, dengan melibatkan semua pihak. Ini sangat penting mempercepat pembersihan alat peraga di tempat publik” ungkapnya.

Itratip menambahkan, pada H-1 pemilihan semua harus disterilkan termasuk posko pemenangan akan tetap dibersihkan di masa tenang. Seluruh atribut dibersihkan terkecuali kantor partai politik begitu juga dalam bentuk bendera partai politik.

“H-1 semua harus steril, karena masa tenang seluruh atribut itu harus dibersihkan terkecuali di kantor parpol, bentuknya bendera parpol,” tandasnya.

Itratip berharap semua peserta pemilu tidak melakukan kegiatan dalam bentuk kampanye, money politik atau bagi-bagi uang yang sering dikenal dengan serangan fajar, serangan duha, karena seluruh Panwascam, Panwas Desa, Panwas TPS sudah siap siaga mengawal 24 Jam.

“Saya meminta seluruh peserta pemilu, tidak melakukan kegiatan dalam bentuk kampanye, money politik, bagi-bagi uang karena seluruh Panwascam, Panwas Desa, Panwas TPS sudah siap siaga mengawal 24 Jam,” katanya.

 

132