Home Olahraga Ilija Spasojevic Tanggapi Penerapan VAR di Babak Championship Series

Ilija Spasojevic Tanggapi Penerapan VAR di Babak Championship Series

Gianyar, Gatra.com - Penggunaan Video Assistant Referee (VAR) akan diterapkan pada babak championship series Liga 1 2023/2024. Seluruh tim yang lolos ke babak ini juga mendapatkan sosialisasi dari operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait teknis penerapan teknologi ini.

Penyerang Bali United FC, Ilija Spasojevic memberikan soal penerapan VAR yang akan menjadi pihak lain yang membantu keputusan wasit dalam lapangan.

Sebab pemain naturalisasi ini paham bahwa keputusan seorang wasit bisa salah sebagai manusia, sehingga dengan hadirnya VAR akan membantu kinerja wasit untuk bisa lebih adil bagi tim yang bertanding.

“Tadi kami sudah menerima ilmu dari sosialisasi VAR agar kami lebih paham mengenai hal ini. Semoga saja nanti bisa bermanfaat untuk babak semifinal nanti,” ucap Spasojevic.

Sebagai pemain dengan segudang pengalamannya di lapangan hijau, Spaso pun setuju dengan kehadiran VAR yang akan diterapkan saat babak Championship Series musim ini.

“Sangat setuju karena akan membantu memperoleh keadilan di lapangan. Kita tahu wasit juga manusia yang tidak terlepas dari kesalahan. Ketika ada VAR ini bisa membantu wasit menilai lebih obyektif dan mengurangi kesalahan,” jelas Spasojevic.

Sementara Pemain belakang Bali United FC, Haudi Abdillah mengakui ada sedikit keresahan ketika VAR diterapkan di kompetisi Liga 1 Indonesia.

Bek Serdadu Tridatu asal Semarang ini mengaku sedikit resah ketika VAR itu baru mulai diterapkan di Indonesia, karena membutuhkan proses adaptasi yang matang.

“Kalau resah pasti ada karena kita akan memasuki masa yang baru dengan penerapan VAR ini. Tapi memang harus dimulai dari sekarang untuk menunjang perubahan dengan lebih baik agar keputusan wasit lebih obyektif,” jelas Haudi.
Kehadiran VAR ini tidak sepenuhnya bisa merubah keadaan dalam mengambil keputusan di lapangan.

VAR akan membantu 4 hal dalam membantu wasit mengambil keputusan yang tepat yaitu perihal gol atau tidak, kartu merah langsung atau tidak, penalti atau tidak, dan kesalahan yang terjadi di lapangan.

Diketahui, babak Championship Series sendiri akan mempertemukan empat tim teratas di klasemen BRI Liga 1 2023/24 yang telah menuntaskan fase reguler 34 pekan pertandingan.

Borneo FC Samarinda menjadi pemuncak klasemen dengan 70 poin, disusul Persib Bandung dengan 62 poin, kemudian Bali United FC dengan 58 poin dan Madura United FC dengan 55 poin.

Babak semifinal dan final akan berlangsung dengan formant laga kandang dan tandang dimana peringkat pertama bertemu peringkat keempat dan posisi kedua bersua dengan posisi ketiga.

Borneo FC Samarinda akan bertemu dengan Madura United FC dan Bali United FC akan berduel dengan Persib Bandung. Keempat tim akan berjuang memperebutkan tiket babak final Championship Series musim ini.

26