Home Olahraga Piala Eropa 2024: Kroasia Siap Buat Kejutan

Piala Eropa 2024: Kroasia Siap Buat Kejutan

Zagreb, Gatra.com – Kroasia siap memberikan kejutan dalam Piala Eropa 2024.

Meski tergabung di Grup B bersama Spanyol, Italia, dan Albania, Kroasia yakin tetap bisa banyak berbicara dalam kompetisi ini.

Salah satu pemain Kroasia Josip Sutalo menegaskam, persatuan adalah keunggulan Kroasia di setiap pertandingan, serta pengalaman di pertandingan penting. “Kami tidak sabar menunggu kick-off,” ungkapnya.

Baca Juga: Swiss Bisa Menjadi Kuda Hitam

Kroasia memang kerap memberi kejutan dalam sejumlah kompetisi. Saat mereka pertama kali tampil di Piala Eropa 1996, mereka mampu menembus babak perempat final.

Sayangnya, mereka tidak lolos di edisi tahun 2000. Namun sejak 2004 hingga sekarang Kroasia selalu berpartisipasi.

Di mana pada 2008 mereka kembali mencapai babak perempat final. Namun pada edisi 2016 dan 2020 mereka hanya melaju hingga babak 16 besar.

Hanya saja, Kroasia bisa memberi kejutan di Piala Dunia 2018, di mana mereka mampu menembus babak final. Adapun pada Piala Dunia 2022 mereka menempati peringkat ketiga.

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic mengatakan, banyak tim di EURO2024 memiliki kualitas yang cukup untuk memenangkan emas. “Tidak ada tekanan pada Kroasia, dan kami akan bersabar, tenang, dan melihat ke mana ini membawa kami. Saya percaya pada tim ini,” bebernya.

Dalic sendiri sudah memilik 26 pemain yang akan dibawa ke Piala Eropa. Siapa saja?

Kiper: Dominik Livakovic (Fenerbahce), Nediljko Labrovic (Rijeka), Ivica Ivusic (Pafos).

Baca Juga: Ini Para Pemain Jerman Pilihan Julian Nagelsmann

Belakang: Josip Stanisic (Bayer Leverkusen), Marin Pongracic (Lecce), Josko Gvardiol (Manchester City), Martin Erlic (Sassuolo), Borna Sosa (Ajax), Domagoj Vida (AEK Athens), Josip Juranovic (Union Berlin), Josip Sutalo (Ajax).

Tengah: Lovro Majer (Wolfsburg), Mateo Kovacic (Manchester City), Luka Modric (Real Madrid), Marcelo Brozovic (Al Nassr), Nikola Vlasic (Torino), Mario Pasalic (Atalanta), Luka Ivanusec (Feyenoord), Luka Sucic (Red Bull Salzburg), Martin Baturina (Dinamo Zagreb).

Depan: Ivan Perisic (Hajduk Split), Andrej Kramaric (Hoffenheim), Bruno Petkovic (Dinamo Zagreb), Marko Pjaca (Rijeka), Ante Budimir (Osasuna), Marco Pasalic (Rijeka).

22