Home Internasional Tank-tank Israel kembali Memasuki Gaza Utara, Jet Tempur Menyerang Rafah

Tank-tank Israel kembali Memasuki Gaza Utara, Jet Tempur Menyerang Rafah

Gaza, Gatra.com - Tank-tank Israel kembali menyerang bagian-bagian Jalur Gaza utara pada hari Selasa, yang telah mereka tinggalkan beberapa minggu lalu. Sementara itu pesawat-pesawat tempur lainnya melancarkan serangan udara di Rafah, tempat perlindungan terakhir warga Palestina di bagian selatan wilayah tersebut. 

“Serangan itu menewaskan dan melukai beberapa orang,” kata petugas medis dan warga, dikutip Reuters, Selasa (16/4).

Warga melaporkan pemadaman internet di wilayah Beit Hanoun dan Jabalia di Gaza utara. 

“Tank-tank maju ke Beit Hanoun dan mengepung beberapa sekolah di mana keluarga-keluarga pengungsi berlindung,” kata penduduk dan media kelompok militan Palestina Hamas.

“Tentara pendudukan memerintahkan semua keluarga yang berada di dalam sekolah dan rumah-rumah terdekat di mana tank-tank bergerak maju untuk mengungsi. Tentara menahan banyak pria,” kata seorang warga Gaza utara kepada Reuters melalui aplikasi obrolan.

Beit Hanoun, tempat berlindung 60.000 orang, adalah salah satu daerah pertama yang menjadi sasaran serangan darat Israel di Gaza pada Oktober lalu. Pengeboman besar-besaran mengubah sebagian besar Beit Hanoun, yang dulu dikenal sebagai 'keranjang buah' karena kebun buah-buahannya, menjadi kota hantu yang terdiri dari tumpukan puing-puing.

Banyak keluarga yang kembali ke Beit Hanoun dan Jabalia dalam beberapa minggu terakhir setelah pasukan Israel mundur. “Mulai pindah lagi pada hari Selasa karena serangan baru tersebut,” kata beberapa warga.

Pejabat kesehatan Palestina mengatakan serangan Israel telah menewaskan empat orang dan melukai beberapa lainnya di Rafah, tempat lebih dari setengah dari 2,3 juta penduduk Gaza berlindung dan bersiap menghadapi rencana serangan darat Israel ke kota yang berbatasan dengan Mesir.

“Tepat sebelum tengah malam, serangan udara Israel menghantam sebuah rumah di Rafah dan menewaskan tujuh orang, termasuk anak-anak, dan melukai beberapa lainnya,” kata pejabat kesehatan Palestina. 

Belum ada komentar langsung dari Israel.

Pejabat kesehatan Palestina dan media Hamas mengatakan serangan udara Israel juga menewaskan 11 warga Palestina, termasuk anak-anak, di kamp pengungsi Al-Maghazi di Jalur Gaza tengah. Militer Israel tidak segera menanggapi permintaan komentar Reuters.

“Saudara laki-laki saya sedang duduk di dekat pintu, saudara laki-laki saya terluka, dan sepupunya juga, dan saya kehilangan anak saya, saya tidak punya rumah, suami, atau apa pun lagi,” kata Wafaa Issa al-Nouri, yang putranya Mohammad dan suaminya tewas dalam serangan itu.

“Dia sedang bermain-main di dekat pintu, kami tidak melakukan apa pun, saya bersumpah kami tidak melakukan apa pun,” katanya.

Kementerian Dalam Negeri Gaza juga mengatakan serangan udara Israel menghantam mobil polisi di distrik Tuffah Kota Gaza, menewaskan tujuh petugas polisi.

Orang-orang bersenjata menjadi sasaran

Setelah enam bulan pertempuran, masih belum ada tanda-tanda terobosan dalam perundingan yang didukung AS yang dipimpin oleh Qatar dan Mesir, untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata di Gaza. Israel dan Hamas tetap berpegang pada kondisi yang tidak dapat didamaikan.

Militer Israel mengatakan pasukannya terus beroperasi di Jalur Gaza tengah dan mereka telah membunuh beberapa pria bersenjata yang berusaha menyerang mereka.

Di kamp pengungsi Al-Nusseirat di Jalur Gaza tengah, warga mengatakan pesawat Israel telah mengebom dan menghancurkan empat bangunan tempat tinggal bertingkat pada hari Selasa.

“Israel masih memberlakukan pembatasan yang “melanggar hukum” terhadap bantuan kemanusiaan untuk Gaza,” kata kantor hak asasi manusia PBB pada hari Selasa. Meskipun ada pernyataan dari Israel dan negara lain bahwa hambatan tersebut telah dilonggarkan.

Jumlah bantuan yang kini masuk ke Gaza masih diperdebatkan, dimana Israel dan Washington mengatakan aliran bantuan telah meningkat dalam beberapa hari terakhir, namun badan-badan PBB mengatakan jumlah tersebut masih jauh di bawah tingkat minimum.

Israel berada di bawah tekanan internasional agar mengizinkan lebih banyak bantuan ke Gaza, terutama wilayah utara di mana kelaparan diperkirakan terjadi pada bulan Mei, menurut PBB.

Militer Israel mengatakan pihaknya memfasilitasi masuknya 126 truk ke Gaza utara pada Senin malam dari selatan.

Mereka juga mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Program Pangan Dunia (WFP) untuk memfasilitasi pembukaan dua toko roti lagi di Gaza utara setelah toko roti pertama mulai beroperasi pada hari Senin dengan bantuan WFP.

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan lebih dari 33.000 warga Palestina sejauh ini telah tewas akibat tembakan Israel sejak 7 Oktober, termasuk 46 orang dalam 24 jam terakhir.

Israel melancarkan serangannya di Gaza setelah militan kelompok Hamas yang menguasai wilayah tersebut menyerang Israel pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang dan menyandera 253 orang menurut perhitungan Israel.

170