Home Nasional Arus Mudik Terpantau Landai, Korlantas Tunda Penerapan One Way dan Contra Flow

Arus Mudik Terpantau Landai, Korlantas Tunda Penerapan One Way dan Contra Flow

Jakarta, Gatra.com - Korlantas Polri menunda pelaksanaan rekayasa lalu lintas one way dan contra flow di Tol Trans Jawa arus mudik Lebaran 2024. Sedianya, rekayasa lalu lintas itu diberlakukan mulai hari ini, Jumat (5/4) pukul 14.00 WIB.

Kakorlantas Irjen Pol Aan Suhanan menjelaskan, keputusan penundaan pemberlakuan arus lalu lintas ini setelah pihaknya melakukan pemantauan di sejumlah titik.

"Jadi mengingat hasil traffic counting kemudian hasil pantauan CCTV, laporan dari anggota di lapangan untuk pelaksanaan rekayasa lalu lintas ini termasuk penerapan gage ini kita masih nunggu perkembangan lalu lintas," kata Aan di Command Center KM 29, Tol Jakarta Cikampek, Jumat (5/4).

Aan menjelaskan, pemantauan salah satunya dilakukan di KM 57. Terhitung, kendaraan yang melintas per jamnya masih berada di bawah standar untuk pemberlakuan rekayasa lalu lintas.

"Hasil traffic counting di KM 57 selama 3 jam berturut-turut mulai jam 12, 13, 14 tadi ini angkanya masih ada di 3 ribu sekian, artinya masih dibawah 5 ribu-- parameter kita melakukan contraflow," terangnya.

Selain itu, pemantauan juga dilakukan melalui CCTV di beberapa titik, termasuk gerbang tol.

"Kemudian kita lihat dari pantauan CCTV di Rorotan, Cawang, Jati Asih ini masih landai arus lalinnya. Kemudian anggota di lapangan juga melaporkan antrean di gerbang tol juga ini masih landai," ujar Aan.

15