Home Nasional Kapolri: Puncak Arus Mudik 2024 Terlampaui dengan Baik

Kapolri: Puncak Arus Mudik 2024 Terlampaui dengan Baik

Jakarta, Gatra.com  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan bahwa puncak arus mudik Lebaran 2024 telah terlampaui dengan baik. Hal itu ia ungkapkan saat mengecek kondisi KM 70 Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, pada Senin malam (8/4).

Menurut Listyo, secara umum, khususnya untuk pelaksanaan kegiatan arus mudik di empat gerbang tol utama, mulai dari awal masuk di kilometer 50 sampai dengan 414 Kalikangkung mengalami peningkatan. Terjadi penambahan jumlah sekitar 6–7 persen dibandingkan mudik tahun 2023 lalu.

“Namun untuk puncak arus mudiknya bisa terlampaui dengan baik. Jadi kalau tahun 2023 itu di H-3, kali ini bergeser di H-4 dengan tingkat puncak arus mudiknya yang turun dan ini tersebar di hari-hari sebelumnya,” kata dia.

Di sisi lain, menurutnya juga terjadi peningkatan kecepatan, jarak tempuh ke Jawa tengah yang biasanya ditempuh selama 8 jam, dapat menjadi 6-7 jam perjalanan.

Listyo juga mengatakan, evaluasi sementara pelaksanaan mudik 2024 ini menjadi bahan untuk persiapan menghadapi arus balik yang akan terjadi sebentar lagi.

“Saya kira secara manajemen ini sudah bagus dan tentunya dengan membandingkan tahun 2023 dan 2024, maka tadi, didapatkan satu rumusan untuk menghadapi arus mudik nanti di tahun 2025. Demikian juga dengan arus balik yang akan kita hadapi sebentar lagi,” jelasnya.

17