Home Politik PDIP Solo Siapkan Penjaringan Calon Kontestan Pilkada 2024

PDIP Solo Siapkan Penjaringan Calon Kontestan Pilkada 2024

Solo, Gatra.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyiapkan internal partainya untuk penjaringan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Hal ini menepis isu rencana PDIP Solo yang absen dari Pilkada.

Penjaringan dimulai 24 Mei 2024 mendatang. Mereka berencana membuka pendaftaran untuk mempersiapkan pertarungan dalam Pilkada 2024.

“Penjaringan dimulai sampai 24 Mei 2024 pukul 24.00 WIB,” ungkap Wakil Ketua Bidang Penjaringan Tim Pemenangan Pilkada DPC PDIP Solo, Paulus Haryoto, di Joglo Sasana Krida Rahadi Bawana Pucangsawit, Solo, pada awal pekan ini.

Ia mengatakan, penjaringan ini sesuai dengan instruksi dari PDIP pusat melalui surat DPP PDIP Nomor 6027/IN/DPP/III/2024 tentang Instruksi Melakukan Pemetaan Politik dan Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah Pilkada Serentak Tahun 2024. Sehingga DPC PDIP Solo membuka penjaringan sesuai dengan instruksi ini.

”DPC harus melaporkan hasil penjaringan itu kepada DPP tanggal 31 Mei 2024. Jadi setelah penjaringan ditutup pada 24 Mei 2024, tim masih perlu melakukan verifikasi kepada siapa-siapa saja yang mendaftar,” ujarnya.

Seleksi ini terbuka untuk siapapun, sehingga sesuai dengan instruksi DPP PDIP,  penjaringan ini bisa diikuti oleh kader internal maupun dari orang eksternal partai.

”Artinya boleh kader PDIP,  tetapi bisa juga orang luar partai. Mulai partai lain atau juga tokoh-tokoh masyarakat,” ujarnya.

Terkait dengan persyaratan siapa saja yang ingin mendaftar, PDIP Solo membuka sesuai dengan aturan dari KPU, baik mengenai batas usia maupun persyaratan lainnya.

”Terkait syarat, seperti usia dan sebagainya, tentu mekanisme undang-undang dan PKPU yang akan menjadi dasar. Di situ sudah ada batas usia dan sebagainya,” kata dia.

20