Home Apa Siapa Menilik Agung Surahman, Sosok Sekretaris Pribadi yang Selalu Dampingi Prabowo Subianto

Menilik Agung Surahman, Sosok Sekretaris Pribadi yang Selalu Dampingi Prabowo Subianto

Jakarta, Gatra.com - Tak mudah untuk masuk ke lingkungan orang penting. Terutama berada di sisi mereka yang memiliki jabatan penting dalam struktur kenegaraan. Namun bukan tidak mungkin untuk menggapai mimpi tersebut. Banyak yang telah membuktikan bahwa dirinya layak berada di samping orang-orang berpengaruh di negeri ini.

Agung Surahman merupakan contoh nyata yang bisa kita ambil pengalamannya. Beliau adalah orang yang selalu berada di samping Prabowo Subianto, mengemban amanat sebagai sekretaris pribadi Menteri Pertahanan itu.

Sebelum sampai pada posisinya sekarang, Agung Surahman sempat mencoba berbagai pekerjaan, antara lain sebagai pegawai bank daerah di Sumatera, admin perusahaan bidang pertanian di Bengkulu, dan membuka beberapa usaha milik sendiri pada tahun 2017.

Alumni Universitas Bengkulu itu mengaku awalnya tak tertarik dengan dunia politik. Ajakan dari sang paman untuk terjun di bidang politik pun hampir ditolaknya.

“Tahun 2018 saya melihat tren politik di Indonesia mulai naik. Saya berpikir sudah saatnya berpikir luas dan ikut peduli dalam membantu rakyat,” ungkap pemilik IG @agung_surahman ini.

Setelah mengantongi restu ibunya, Agung kemudian meyakinkan diri mengikuti pelatihan kader Partai Gerindra. Pelatihan itu berlangsung selama 3 bulan. Di situlah Agung melihat Prabowo secara langsung. Selain merupakan ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto juga jadi pemateri dalam pelatihan tersebut.

Pada akhir pelatihan, Prabowo memberikan ujian akhir dan tes IQ pada 525 peserta yang hadir. Dari serangkaian tes yang dilakukan, dipilih 10 orang dengan nilai terbaik. Termasuk Agung Surahman yang saat itu menempati peringkat pertama hasil penilaian.

“Ternyata Bapak Prabowo mengambil 10 orang terbaik untuk ikut mengurus kantor Pusat Partai Gerindra di Jakarta Selatan. Saya diberikan penghargaan langsung oleh Bapak Prabowo,” kenangnya.

Dirinya pun mulai aktif bekerja di kantor Prabowo sejak 2019. Membantu dan mendampingi Prabowo Subianto yang kala itu mengikuti kontestasi pemilihan Presiden.

Meski pimpinannya kalah dalam pemilihan, Agung mengatakan kalau dirinya salut dengan pilihan Presiden Jokowi dan Prabowo yang kemudian bergabung dalam pemerintahan.

“Saya mendapat banyak pelajaran bagaimana perjuangan mereka untuk menyatukan Indonesia. Di saat kedua sisi pendukung kecewa,” ujar Agung.

Agung pun menceritakan momen unik saat dirinya dipilih sebagai Sekretaris pribadi Menhan Prabowo. Saat itu tahun 2020, Agung Surahman kembali bertemu Prabowo dalam rapat Nasional Partai Gerindra. Di sela-sela rapat, Prabowo menanyakan pada peserta yang lain terkait kelayakan Agung Surahman menjadi Sekretaris pribadi beliau.

“Bapak Prabowo menatap wajah saya, kemudian setelah itu meminta saya berdiri di samping beliau untuk diukur tinggi badan dan menanyakan kepada pimpinan rapat yang hadir,“ ucapnya.

Setelah mendapat jawaban “cocok” dari para peserta rapat, ia pun mempersiapkan diri untuk menjalani tugas barunya. Dirinya merasa bangga karena momen itu sekaligus menjadi pencapaian tertinggi yang berhasil diraihnya.

Mengenang semua perjuangan yang telah dilalui, Agung berpesan pada generasi muda Indonesia, bahwa harus selalu optimis dalam menggapai mimpi.

“Untuk para generasi muda, terus berusaha dan jangan pernah menyerah. Yakinlah kita pasti bisa mencapai cita-cita yang kita impikan,” pesannya mengakhiri pembicaraan.

Perjalanan hidup serta perjuangan Agung Surahman ini tentunya dapat menjadi pembelajaran bagi kita. Bahwa tak ada cita-cita yang mustahil dicapai. Selama ini kita mau berusaha dan memperjuangkan mimpi tersebut.

962