Home Kalimantan Kapal Mewah Dharma Kartika II Bakal Dongkrak Perekonomian Kalsel

Kapal Mewah Dharma Kartika II Bakal Dongkrak Perekonomian Kalsel

Banjarmasin, Gatra.com – Kapal besar dengan fasilitas mewah sandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin akhir pekan kemarin. Kapal itu bernama KM Dharma Kartika II buatan Jepang. Kapal akan melayani rute pelayaran Banjarmasin–Surabaya PP.

Kepala Cabang PT Dharma Lautan Utama (DLU) Banjarmasin, Anton Wahyudi, mengungkapkan, KM Dharma Kartika II memiliki panjang 153 meter dan lebar 25 meter, berkapasitas 788 orang penumpang, dengan daya angkut kendaraan sebanyak 85 truk besar, 20 truk sedang, dan 50 kendaraan kecil.

"KM Dharma Kartika II ini untuk menggantikan kapal sebelumnya, Dharma Kartika IX. Saat ini kami mengalami kesulitan memenuhi permintaan penumpang yang banyak meminta kamar. Karena, mereka bepergian menggunakan kapal berharap dapat kamar. Nah, KM Dharma Kartika II ini menyediakan 143 kamar,” ujar Anton kepada wartawan di Banjarmasin.

Dia sampaikan, dengan adanya kapal baru, akan membuat perekonomian di Kalsel makin meningkat, karena dampak dari Ibu Kota Negara (IKN) yang pindah ke Kalimantan Timur.

"Harapan kita tentu akan berdampak terhadap distribusi logistik di Banua. Kami juga ingin membuat penumpang semakin nyaman dan ingin menepis adanya anggapan masyarakat bahwa naik kapal laut tidak aman atau pun kurang nyaman. Karena hal itu tidak ada pada DLU,” ujarnya.

Kepala Cabang PT Dharma Lautan Utama Banjarmasin, Anton Wahyudi. (GATRA/Anas Aliando)

Anton menegaskan, semua segmen penumpang akan dilayani dengan baik, dengan fasilitas yang terbaik, terutama dari sisi keselamatan.

Manager Usaha PT DLU, Gede Maharta, menjelaskan, KM Dharma Kartika II ini bisa dikatakan kapal paling mewah di lintasan Surabaya–Banjarmasin, yang dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas baru untuk menambah kenyamanan penumpang.

Untuk jalur penumpang, papar Gede, ada liftnya, ada kelas ekonomi tidur, kelas I, II, III, dan VIP. Selain itu, ada fasilitas tambahan lagi, seperti musala, cafetaria, restoran, ruang karaoke, area fitnes, ruang baca, ruang bermain, dan mini soccer untuk anak-anak agar tidak terlalu bosan selama pelayaran dan masih banyak fasilitas-fasilitas lainnya.

Sedangkan untuk harga tiketnya tidak berbeda dengan kapal lainnya, seperti Dharma Rucitra I maupun Dharma Kartika IX, yaitu berkisar mulai dari Rp375 ribu hingga Rp550 ribu.

“Kami berharap, dengan kehadiran kapal ini bisa memperlancar semua angkutan logistik untuk wilayah Kalimantan Selatan, termasuk juga menjadi tranportasi nyaman dan menyenangkan bagi penumpang," ujarnya.

Gede menambahkan, KM Dharma Kartika II merupakan kapal yang cukup cepat. Untuk rute Surabaya–Banjarmasin dapat ditempuh dengan waktu antara 15–17 jam saja.

Diluncurkannya kapal ini, lanjut Gede, karena melihat kebutuhan akan transportasi yang cukup besar, sehingga manajemen mengupayakan supaya tidak terjadi kesulitan dalam hal angkutan, khususnya logistik.

“Sehingga harga komoditas yang ada tidak terlalu mahal, karena didukung lancarnya transportasi yang ada,” katanya.

3353