Home Hiburan Solois Indonesia-Inggris, Alif Toeanradjo-Josh Holmes Tutup Rangkaian Konser Turnya di Indonesia

Solois Indonesia-Inggris, Alif Toeanradjo-Josh Holmes Tutup Rangkaian Konser Turnya di Indonesia

Jakarta, Gatra.com – Solois asal Indonesia, Alif Toeanradjo dan Coventry, Inggris, Josh Holmes, menutup rangkaian konser tur kolaborasi di Indonesia. Konser bertajuk “Tur 'Oi, Mate!'” di Indonesia, puncaknya dihelat di demajors, M Bloc Space, Blok M, Jakarta Selatan (Jaksel), pada Jumat malam (6/10).

Josh lebih dulu tampil membawakan beberapa lagu besutannya. Selepas itu, giliran Alif naik panggung menyanyikan beberapa lagu andalannya yang merupakan hasil karyanya sendiri.

Beberapa lagu yang dibawakan Alif, di antaranya Nothing Come Easy Live, Take No Regrets, dan Hope & Dreams. Di sela-sela membawakan beberapa lagu tersebut, Alif sempat menjelaskan single-single-nya itu.

Alif mengungkapkan, lagu Hope & Dreams sangat bermakna dan mempunyai memori tersendiri. “Ini sangat memorable banget buat gue, karena lagu ini lagu pertama yang pernah gue rilis, judulnya Hope & Drems,” ucapnya.

Single Nothing Come Easy, kata Arif, juga tidak kalah berkesan karena diciptakan dalam masa sulit, yaitu memulai hidup jauh di negeri orang, yakni Inggris karena mulai kuliah di sana.

“Ini titik cukup sedih dan dark, karena jauh dari rumah. Pada saat itu membuat lagu ini untuk menghibur diri sendiri, waktu itu gue sedang sedih banget,” ujarnya.

Lebih lanjut Alif menjelaskan, lagu Nothing Come Easy ini merupakan “mantra" baginya untuk tetap semangat menjalani proses hidup. “Gue harap akan menjadi mantra juga buat kalian yang ada di sini. Lagu ini single ketiga gue, Nothing Come Easy,” ujarnya.

Sebelumnya, Alif dan Josh menggelar konser tur di tiga wilayah atau titik di Indonesia, yakni di Yogyakarta, tepatnya di Journey Coffee, Purwokerto di Hetero Space, dan Bandung di Tambuhak. Empat kota dipilih karena mempunyai afmosfer musik yang luar biasa.

Di tiap kota, mereka berbagi panggung dengan band-band lokal. Selayaknya pertemanan, tur ini berangkat dengan semangat saling membantu satu sama lain.

Aksi panggung solois asal Inggris, Josh Holmes, di demajors, M Bloc Space, Blok M, Jakarta Selatan (Jaksel), Jumat malam (6/10/2023). (GATRA/Iwan Sutiawan)

Pada tiap persinggahan, Josh dan Alif juga menyempatkan waktu untuk berdiskusi mengenai pengalaman mereka ketika bermusik dengan band lamanya, The Clinks. Keduanya menyampaikan bagaimana skena di UK berlaku serta berbagi pengetahuan mengenai music producing.

Melibatkan kolektif serta ruang-ruang kreatif di Yogyakarta, Purwokerto, Bandung, dan Jakarta, program ini dirancang untuk menjadi sarana pertemuan, perkenalan, dan pertukaran gagasan tentang musik.

Konser tur dua solois dari negara berbeda ini dihelat PartiFaktori, unit kerja Spektakel Manajemen untuk menyapa para pencinta dan penikmat musik di empat kota di Indonesia.

PartiFaktori memboyong Josh Holmes, solois dari Coventry, Inggris, untuk berkongsi dengan mantan rekan satu bandnya di Birmingham, Alif Toeanradjo, yang juga menapaki kariernya sebagai solois sekembalinya ke Indonesia setelah menyelesaikan studinya di Inggris.

Josh dan Alif pernah bermain bersama di band The Clinks, sewaktu Alif sedang menempuh studi di Access Creative College, Birmingham City University pada jurusan Popular Music Performance-Birmingham, UK.

Sekembalinya ke Indonesia tahun 2020, hubungan Alif dengan Josh tidak pernah terputus, bahkan sebaliknya, yakni berkembang menjadi sesuatu yang baru. Keduanya memutuskan untuk menjadi solois dan Alif berperan sebagai produser dari lagu-lagu Josh.

Josh dan Alif sudah menghasilkan single-single yang mendpatkan respons positif melalui berbagai kanal streaming, utamanya Spotify. Josh memperoleh lebih dari 500 ribu streams di platform streaming dan menerima dukungan reguler dari program BBC Introducing.

Tur ‘Oi, Mate!’ adalah momentum yang mempertemukan kembali Josh Holmes dengan Alif Toeanradjo. Tur ini menjadi petualangan sekaligus kolaborasi keduanya, menyapa para penggemar baru mereka di Indonesia.

131