Home Hiburan Festival Musikal Indonesia 2023 Resmi Dibuka

Festival Musikal Indonesia 2023 Resmi Dibuka

Jakarta, Gatra.com - Perhelatan Festival Musikal Indonesia 2023 resmi dibuka pada hari ini, Sabtu (28/10). Diselenggarakan untuk kedua kalinya, Presiden Direktur Ciputra Artpreneur Jakarta, Rina Ciputra Sastrawinata mengungkapkan bahwa gelaran ini harus terus dilangsungkan dengan lebih baik untuk menumbuhkan ekosistem musikal di Indonesia.

"Memang harus ada festival musikal di Indonesia. Tahun lalu sudah cukup baik, tahun ini sedikit lebih baik dari tahun lalu, tapi tahun depan harus lebih lagi. Kita jangan mau kalah," ujarnya di Ciputra Artpreneur Theater di Jakarta, Sabtu (28/10).

Sebagai salah satu program yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud), gelaran ini menjadi salah satu upaya mengedukasi dan melestarikan budaya bangsa. Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru, Ahmad Mahendra menyebut bahwa upaya perbaikan ekosistem musikal harus terus dilangsungkan, salah satunya melalui pergelaran seperti ini.

"Kita sedang bicarakan soal ekosistem di sistem pertunjukan, bagaimana menumbuhkannya. Musikal itu ternyata diminati semuanya," katanya.

Ia menyatakan pentingnya proses regenerasi dalam terus meningkatkan ekosistem. Regenerasi pemain dan pelaku komunitas, regenerasi penonton, serta regenerasi produser dan sponsor diperlukan sehingga budaya ini diteruskan kepada generasi muda.

Ahmad menilai bahwa keberadaan musikal perlu dilestarikan, terutama dalam mengemas kisah-kisah khas Indonesia yang dituturkan dengan cara lain kepada generasi muda. Ini diharapkan bisa meningkatkan minat sekaligus mengedukasi kelompok muda.

"Kisah-kisah lebih mudah disampaikan dengan cara begini. Kita bisa lebih paham daripada pelajaran sejarah, untuk pendidikan cocok sekali," ungkapnya.

Pada pertunjukan yang digelar pada 28-29 Oktober 2023 ini, terdapat lima komunitas utama yang tampil dalam Gala dengan tema khusus Urban Legend, yakni Komunitas Swargaloka, Boow Live! Musical, Teater Musikal Nusantara (TEMAN), EKI Dance Company, serta ArtSwara. 13 komunitas lainnya turut mengisi pertunjukan showcase yang menjadi bagian dari rangkaian acara.

Pembukaan dimulai dengan penampilan kolaborasi berbagai anggota komunitas. Setelahnya, Gala dari Komunitas Swargaloka bertajuk Ratapan di Timur Tanah Jawa, serta Ibu yang dipersembahkan Boow Live! Musical menjadi pertunjukan utama di hari pertama.

45