Home BUMN Empat Local Hero Binaan Semen Gresik di Jawa Tengah Sukses Raih Indonesia CSR Awards (ICA) and Indonesian SDGs Award (ISDA) 2023

Empat Local Hero Binaan Semen Gresik di Jawa Tengah Sukses Raih Indonesia CSR Awards (ICA) and Indonesian SDGs Award (ISDA) 2023

Rembang, Gatra.com - Empat local hero dari desa sekitar perusahaan di Kabupaten Blora dan Rembang, Jawa Tengah, yang juga merupakan binaan PT Semen Gresik berhasil mencatatkan prestasi gemilang.

Mereka sukses meraih penghargaan dalam ajang Indonesia CSR Awards (ICA) and Indonesian SDGs Award (ISDA) 2023 oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD).

Ini merupakan salah satu hasil dari pengembangan program pemberdayaan berbasis lingkungan hingga ekonomi desa sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) dari PT Semen Gresik.

Baca Juga: Semen Gresik Borong 5 Penghargaan, Raih Predikat Tertinggi Diamond dalam Ajang TKMPN XXVII 2023

Penyerahan penghargaan diterima dan diwakili secara langsung oleh manajemen PT Semen Gresik di Hotel Westin Jakarta, Senin (4/12). 

Apresiasi dalam kategori local hero terbaik dari Kabupaten Rembang kepada Kundari dalam program pengembangan ekonomi desa melalui UMKM desa Tegaldowo sebagai local hero terbaik 1. Predikat local hero terbaik 2 kepada Jumiyarti dalam program pemberdayaan wanita melalui Batik Tulis Pasucen.

Adapun kepada Sukardi dengan program pengembangan Edupark Pertanian dan Peternakan Terpadu, serta Nikmatus Zahroatin dalam program kegiatan home farming BUMI KARTINI Desa Ngampel dari Kabupaten Blora.

Perwakilan PT Semen Gresik mewakili local hero binaan perusahaan menerima plakat penghargaan dalam ajang Indonesia CSR Awards (ICA) and Indonesian SDGs Award (ISDA) 2023 oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD) di Jakarta. (Dok.PTSG)

“Kami bersyukur ini menjadi kebanggaan semua pihak atas apresiasi yang diberikan. Dengan dukungan penuh dari perusahaan, mampu membentuk kemandirian local hero binaan dalam mengembangkan setiap program unggulan sehingga mampu memberikan dampak positif di masing-masing desa sekitar perusahaan,” jelas Senior Manager of Communication and CSR PTSG, Dharma Sunyata, Rabu (6/12).

Dharma menjelaskan, bentuk pendampingan Semen Gresik kepada local hero binaan dimulai dari pengidentifikasian potensi program, kemudian peningkatan kapasitas dan transfer core competency, pemberian bantuan penunjang, peningkatan infrastruktur, serta monitoring dan evaluasi pendampingan program pemberdayaan.

“Capaian dari local hero binaan ini menjadi wujud nyata bahwa perusahaan konsisten dan berhasil dalam mewujudkan nilai tambah bersama antara perusahaan dan masyarakat dalam membentuk sistem bisnis berkelanjutan yang berbasis pada kesepakatan global yaitu SDGs,” terangnya.

Pihaknya berharap perusahaan terus konsisten dalam menumbuhkan semangat sustainability sehingga mampu memunculkan local hero lain di sekitar perusahaan dengan potensi serta passion masing-masing. Sehingga tercipta ekosistem sosial yang sehat, ekonomi meningkat, dan desa yang berdaulat.

Sementara itu, Ketua Umum CFCD, Thendri Supriatno, menyampaikan bahwa penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada dunia usaha dan lembaga/organisasi non pemerintah yang dinilai berperan aktif dan berkontribusi terhadap pencapaian SDGs, melalui aktivitas-aktivitas dalam pencapaian SDG. 

“Anugerah ICA dan ISDA 2023 diikuti oleh perusahaan BUMN, swasta, dan lembaga penggiat CSR di Indonesia. Tahun ini peserta ICA untuk korporat/ institusi terdiri dari 32 perusahaan dan peserta perorangan terdiri dari 9 orang. Sedangkan untuk peserta ISDA terdiri dari 101 perusahaan dan perorangan terdiri dari 14 orang,” tandasnya.

82