Home Internasional Putin Sampaikan Pesan kepada Komunitas Yahudi Rusia

Putin Sampaikan Pesan kepada Komunitas Yahudi Rusia

Moskow, Gatra.com - Presiden Rusia, Vladimir Putin menyampaikan harapan terbaiknya kepada umat Yahudi di Rusia pada hari raya Paskah. Putin menekankan tentang pentingnya komunitas tersebut dalam mendorong dialog antaretnis dan antaragama.

Paskah merupakan hari raya besar Yahudi guna memperingati pembebasan dan eksodus bangsa Israel dari Mesir. Tahun ini, Paskah dimulai saat matahari terbenam pada tanggal 22 April dan berakhir pada tanggal 30 April.

“Perayaan bersejarah ini, yang khususnya dihormati oleh kaum Yahudi, berfungsi sebagai pengingat akan tonggak penting dalam sejarah orang-orang Yahudi, yakni pembebasan dari perbudakan selama berabad-abad dan pencapaian kebebasan yang telah lama ditunggu-tunggu. Ini melambangkan kemenangan cita-cita kebaikan dan keadilan,” ujar Putin dalam pesannya.

Menurut Putin, komunitas Yahudi di Rusia memainkan peran penting dalam berbagai sendi kehidupan masyarakat di negara itu.

"Peran penting dalam mendorong dialog antaretnis dan antaragama, terlibat dalam membina generasi muda, pendidikan, filantropi, dan amal, serta memprioritaskan pelestarian nilai-nilai spiritual, moral, dan kekeluargaan.

“Tugas yang luar biasa dan penting ini layak mendapatkan pengakuan yang sedalam-dalamnya,” tambah Putin.

Menurut data Jewish Agency for Israel, terdapat 150.000 orang Yahudi yang tinggal di Rusia pada tahun 2021. Menjadikan Rusia menduduki peringkat ketujuh di dunia dalam hal jumlah masyarakat Yahudi terbanyak.

420