Home Teknologi Bamsoet Sebut Taksi Terbang Siap Jadi Transportasi Futuristik IKN

Bamsoet Sebut Taksi Terbang Siap Jadi Transportasi Futuristik IKN

Jakarta, Gatra.com - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mendukung rencana Taksi Terbang Ehang 216 sebagai moda transportasi futuristik untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

Bamsoet mengungkapkan bahwa saat dalam perjalanan menuju Bandung bersama Presiden Jokowi dengan Kereta Cepat Whoosh, dirinya menyampaikan dukungan atas rencana IKN membangun ekosistem transportasi modern serta elektrik dan bebas polusi sebagai moda transportasi masa depan.

"Hal ini selaras dengan keinginan Presiden tentang transportasi yang futuristik untuk IKN," ujar Bamsoet ini di Jakarta, Rabu (4/10).

Dalam kesempatan itu, Bamsoet turut menjelaskan spesifikasi EHang 216 dan berbagai keunggulannya secara langsung kepada Presiden Joko Widodo dalam perbincangannya di gerbong kereta “Whoosh”.

Baca juga: Tidak dengan Ibu Negara, Jokowi Jajal Taksi Terbang Bersama Orang Ini

“Kendaraan Udara Otonom, EHang 216 Insya Allah sudah sangat siap untuk langsung digunakan di IKN maupun di seluruh penjuru Indonesia sebagai moda transportasi. Kendaraan canggih ini 100% listrik sehingga ramah lingkungan, dan sudah digunakan di berbagai belahan dunia, bukan hanya untuk muatan barang melainkan juga dengan penumpang," jelas Bamsoet.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mencoba langsung duduk di kabin kendaraan tak berawak tersebut dengan sangat antusias bersama Executive Chairman Prestige Aviation Rudy Salim, dalam pameran Hub Space x KAI Expo.

Di kesempatan terpisah, Executive Chairman Prestige Aviation Rudy Salim juga menyatakan bahwa Urban Air Mobility adalah masa depan transportasi Indonesia. Semoga dengan komitmen Prestige Aviation dalam memajukan transportasi Indonesia.

"Kami dapat memberikan kontribusi terbaik untuk negeri ini. Kami siap untuk melakukan investasi juga Uji Terbang di IKN, seperti EHang yang telah sukses terbang dengan penumpang di beberapa negara diantaranya Belanda, Austria, dan China," ujar Rudy.

Sejauh ini tercatat lebih dari 30.000 penerbangan EHang 216 sukses dilakukan baik untuk barang maupun penumpang di berbagai negara seperti Jepang, Korea, Amerika Serikat, Dubai, Qatar, Kanada, Indonesia dan China.

Sementara EHang 216 di Indonesia pertama kali hadir lewat kerjasama Prestige Aviation dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI). Unit EHang 216 Official Aircraft IMI yang merupakan unit pertama di Indonesia, berhasil melakukan demo terbang di Bali pada bulan November 2021.

Baca juga: Alternatif Baru Bagi Perusahaan Kargo, Bamsoet Langsung Beli

Penerbangan kedua juga dilakukan melalui kerja sama dengan POLRI dalam surveillance penanganan bencana Gunung Semeru. Kemudian dilanjutkan dengan kesuksesan dalam sejumlah demo terbang di Bandar Udara Pondok Cabe, di area JIEXpo saat event Indonesia International Motor Show dan gelaran PERIKLINDO Electric Vehicle Show 2022. “EHang 216 sukses terbang secara seamless point-to-point di dalam kota, dengan biaya tidak jauh dari taksi premium," jelas Rudy Salim.

 

94