Home Hiburan Jalanpulang Hadirkan Innerscape di ICAD Ke-13

Jalanpulang Hadirkan Innerscape di ICAD Ke-13

Jakarta, Gatra.com – Kelompok seniman asal Yogyakarta, jalanpulang menampilkan karyanya berjudul Innescape dalam Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) ke-13 di grendkemang Hotel Jakarta mulai13 Oktober sampai dengan 26 November 2023.

Seniman terdiri dari Handiwirman Saputra, Kokok P. Sancoko, M. Irfan, Sigit Pius Kuncoro, dan Yuli Prayitno memberikan sentuhan pada bagian grandkemang Hotel Jakarta, Kemang, Jakarta Selatan (Jaksel).

“Pengalaman kami sangat menarik di sini karena apa yang dijumpai di sini berbeda dengan apa yang kami bayangkan sebelumnya,” kata Pius membuka percakapan dalam konferensi pers baru-baru ini.

Pius didampingi M. Irfan mengungkapkan, awalnya pihaknya membayangkan bahwa kondisi ruang di Jakarta sangat kontras, yakni bising.

“Situasi di luar sangat bising dan di dalam sangat kontras perbandingannya. Tapi tidak membayangkan sekontras itu, di luar sangat bising, di dalam kemudian sangat tenang sekali,” ujarnya.

Terkait itu, lanjut Pius, pihaknya menawarkan karya yang menjembatani transisi kontrasnya ruang Jakarta, yakni karya yang ada di dua transisi itu.

“Strategi kami adalah bagaimana mengaburkan ruang luar dan ruang dalam. Jadi bagian depan hotel ini kami tutup dengan jaring [putih],” ujarnya.

Untuk transisi, lanjut dia, penutupan hotel grankemang hanya 50%-nya, sehingga ketika pengunjung memasukinya akan merasakan transisi kondisi kontras tersebut, yakni dari bising ke tenang.

“Jadi sesederhana itu, supaya harapannya ketika pengunjung masuk ke dalam sudah bisa secara smoot menikmati karya-karya yang ada di dalam,” katanya.

32