Home BUMN BNPP dan Kemenpolhukam Sambangi PLBN Jagoi Babang

BNPP dan Kemenpolhukam Sambangi PLBN Jagoi Babang

Jakarta, Gatra.com - Deputi IV/Bidkoor Hanneg Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam), Laksda TNI Kisdiyanto bersama rombongan, melakukan kunjungan evaluasi terhadap Pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat, pada hari Kamis, 9 November 2023.

Kunjungan ini dilakukan untuk meninjau kondisi fisik PLBN dan mengoordinasikan rencana peresmian yang akan dilakukan oleh Presiden yang diharapkan dapat dilaksanakan di akhir tahun 2023.

Kunjungan tersebut juga diikuti oleh berbagai pejabat terkait, termasuk Pelaksana Tugas Harian (Plh.) Sekretaris BNPP, Robert Simbolon.

"Pada kunjungan kali ini, dalam rombongan juga terdapat Bupati Bengkayang dan Forkopimda Kabupaten Bengkayang. Tentu kita bersyukur dengan adanya dukungan penuh dari pemerintah daerah terhadap pembangunan PLBN Jagoi Babang ini," ujar Simbolon.

Menurutnya, kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi terkini hasil pembangunan fisik PLBN Jagoi Babang dan kawasannya.

"Kami ingin memastikan bahwa PLBN ini siap beroperasi penuh, tidak hanya dari segi fisik bangunan, tetapi juga kesiapan dukungan bagi pelaksanaan tugas pelayanan lintas batas negara," ujarnya.

Selain itu, kunjungan ini juga dimaksudkan untuk mengoordinasikan secara teknis rencana peresmian PLBN Jagoi Babang dan mengevaluasi pelaksanaan operasionalisasi oleh BNPP dan unsur-unsur lainnya yang terlibat dalam fungsi pelayanan lintas batas (CIQ).

Rangkaian Kegiatan Evaluasi

Rangkaian kegiatan evaluasi dimulai dengan peninjauan langsung terhadap bangunan-bangunan utama di PLBN Jagoi Babang. Khususnya, Laksda TNI Kisdiyanto dan rombongan yang tertarik untuk mengetahui kesiapan Bangunan Utama/Inti PLBN yang akan menjadi pusat pelayanan lintas batas negara.

"Tentu saja, kesiapan infrastruktur pendukung seperti jalan-jalan menuju PLBN juga menjadi perhatian utama kami. Ini penting untuk memastikan konektivitas yang lancar dari dan menuju PLBN," ujar Laksda TNI Kisdiyanto.

Sementara itu, pertemuan koordinasi dengan semua pihak yang terlibat dalam peninjauan dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif terkait kondisi PLBN Jagoi Babang.

Pelaksana Tugas Harian (Plh.) Sekretaris BNPP, Robert Simbolon menjelaskan, dalam evaluasi tersebut terdapat beberapa catatan terkait kondisi fisik PLBN Jagoi Babang.

Pertama, secara umum, PLBN Jagoi Babang telah siap beroperasi penuh. Bangunan-bangunan seperti Bangunan Utama/Inti PLBN, Mess Pegawai, Wisma Indonesia, Pasar PLBN, dan Rumah Ibadah (Mesjid dan Kapel) sudah dapat berfungsi.

Kemudian soal instalasi peralatan pendukung pelayanan lintas batas negara di Bangunan Utama/Inti PLBN akan segera diselesaikan.

"Pagar keliling PLBN hampir selesai, namun beberapa bagian atau titik masih belum dipasang pagar. Hal ini karena masih diperlukan oleh penduduk setempat sebagai akses untuk keluar-masuk dari tempat tinggal dan areal perkebunan mereka. Bupati Bengkayang telah berkomitmen untuk menyediakan jalan/akses bagi penduduk tersebut di luar kawasan PLBN," tandasnya.

Lalu Pasar yang belum digunakan oleh para pedagang akan segera diaktifkan setelah pemilihan calon pedagang. Ini akan mencakup eks pedagang yang sebelumnya berjualan di Titik 0 sebelum PLBN dibangun.

Selanjutnya adalah proses pembangunan jalan yang menghubungkan PLBN dengan Titik 0 sedang berlangsung dan dijadwalkan selesai pada minggu kedua Desember 2023.

Terakhir, unit bangunan berupa Gerbang PLBN pada sisi kedatangan dari Indonesia dan Malaysia masih dalam proses pengerjaan. Rencananya, akan selesai pada pertengahan Desember 2023.

Tindak Lanjut dari Kunjungan

Tindak lanjut yang direncanakan dari kunjungan ini adalah menjadwalkan kunjungan kerja Menkopolhukam sebagai Ketua Pengarah BNPP bersama dengan Mendagri selaku Kepala BNPP pada minggu terakhir November 2023. Sementara itu, peresmian PLBN oleh Presiden dijadwalkan pada minggu ketiga atau minggu terakhir Desember 2023.

Kehadiran PLBN Jagoi Babang ini menjadi tonggak bersejarah dalam pembangunan infrastruktur perbatasan Indonesia, menandai komitmen pemerintah dalam memperkuat kedaulatan negara dan memfasilitasi aktifitas lintas batas negara yang aman dan tertib.

PLBN Jagoi Babang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan konektivitas dan pertumbuhan ekonomi di kawasan perbatasan di Kalimantan Barat.

Dalam kunjungan ke PLBN Jagoi Babang, hadir juga perwakilan dari Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Sekretariat Kabinet, dan Badan Pengelola Perbatasan Daerah Provinsi Kalimantan Barat, serta para pejabat yang mewakili Imigrasi, Bea dan Cukai, Karantina Kesehatan, Karantina Pertanian, dan Karantina Ikan.

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR