Home BUMN Tanker-tanker PIS Sukses Tembus 50 Rute Global

Tanker-tanker PIS Sukses Tembus 50 Rute Global

Jakarta, Gatra.com- Armada tanker-tanker raksasa PT Pertamina International Shipping (PIS) terus mencetak prestasi yang membanggakan Indonesia. Strategi pelayaran yang agresif, sukses melipatgandakan rute pelayaran internasional perusahaan.

PIS mencatat kenaikan rute luar negeri secara signifikan dalam hitungan bulan. Dari 26 rute di pertengahan tahun ini, naik mendi 50 rute di November 2023. 

“Ekspansi internasional menjadi salah satu prioritas kami untuk memajukan bisnis perusahaan, kami yakin memiliki kemampuan bertumbuh di luar Indonesia. Sehingga kami sukses melipatgandakan rute internasional dari 26 menjadi 50 rute saat ini,” ujar CEO PIS Yoki Firnandi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (24/11).

Baca juga: Non Stop! PIS Tambah 11 Armada Kapal Tanker Sejak 2019

Yoki memaparkan ekspansi masif yang telah membuahkan hasil ini sejalan dengan target PIS untuk menjadi perusahaan perkapalan dan marine logistik terdepan di Asia. Dengan kekuatan kapal milik sebanyak 96 kapal, dan 305 kapal lainnya yang dikelola dan dioperasikan, PIS kini telah menjadi perusahaan dengan armada tanker terbesar di Asia Tenggara. 

CEO PIS, Yoki Firnandi memaparkan berdasarkan jurnal yang diterbitkan oleh United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), industri shipping dunia tercatat berkontribusi hingga 3% dalam emisi karbon dunia. (GATRA/Dok PIS)

“Segala capaian ini menunjukkan progres PIS yang cukup cepat dan positif, khususnya dalam tiga tahun terakhir. Dari sisi kinerja keuangan misalnya, pendapatan PIS bertumbuh hingga 5 kali lipat sejak 2020,” ungkap Yoki. 

Dijelaskannya bahwa PIS berencana meneruskan strategi saat ini, yakni dari sisi ekspansi bisnis hingga penguatan armada. Dalam strategi ini, PIS juga menyusun roadmap yang berkesinambungan untuk keberlangsungan bisnis perusahaan di masa depan sekaligus menerapkan prinsip bisnis berkelanjutan untuk kelestarian lingkungan. 

Baca juga: Gencar Investasi dan Ekspansi, PIS Dukung Daya Saing Logistik ASEAN

“Strategi bisnis yang kami susun tentunya mendukung program transisi energi menuju target NZE 2060 yang ditetapkan oleh pemerintah. Penambahan armada termasuk untuk kapal-kapal yang akan ditujukan untuk mengangkut komoditas ramah lingkungan, begitu pula dari sisi operasional,” pungkas Yoki.

124