Home Olahraga Sukses Kalahkan Australia, Tim U-23 Indonesia Jaga Peluang Lolos Grup A Piala Asia U-23 2024

Sukses Kalahkan Australia, Tim U-23 Indonesia Jaga Peluang Lolos Grup A Piala Asia U-23 2024

Doha, Gatra.com - Tim U-23 Indonesia menghidupkan asa lolos dari Grup A Piala Asia U-23 2024, usai berhasil mengunci kemenangan 1-0 atas Australia di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (18/1).

Indonesia tampil menyerang sejak awal laga. Pada menit kedua, anak asuh Shin Tae-yong menciptakan peluang. Umpan silang dari Witan Sulaeman disambut tembakan Jeam Kelly Sroyer, namun bola masih dapat ditepis kiper Patrick Beach.

Pada menit ke-21, wasit Majed Mohammed Al Shamrani menghadiahkan Australia penalti usai meninjau rekaman VAR, di mana lengan Komang dinilai mengenai bola tembakan Mohamed Toure.

Beruntung, Kiper Ernando Ari mampu mengagalkan sepakan penalti yang diambil langsung oleh Toure.

Usai kegemilangan Ernando yang mengagalkan penalti Austalia, kepercayaan diri para pemain Indonesia kian meningkat. Sejumlah peluang kembali mampu diciptakan para penggawa Garuda Muda.

Pada pengunjung babak pertama, Indonesia mendapat tendangan sudut. Tendangan sudut diteruskan sundulan Muhammad Ferarri untuk diterima Nathan, yang melepaskan sepakan dan diteruskan sundulan Komang untuk masuk ke gawang Patrick Beach. Skor berubah 1-0 untuk Indonesia dan bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Australia tampil agresif untuk mengejar ketinggalan. Pemain Australia terus menggempur pertahanan Indonesia.

Shin Tae-yong memasukkan Justin Hubner guna menambah kekuatan pertahanan Indonesia. Pemain Cerezo Osaka yang belum lama bergabung ke timnas U-23 itu menggantikan Jeam Kelly pada menit ke-72. Tidak lama kemudian giliran Fajar Fathurrahman yang ditarik keluar untuk digantikan Ilham Rio Fahmi.

Ernando tetap tampil gemilang dengan menyelamatkan gawang Indonesia dari serangan bertubi-tubi yang dilancarkan Australia.

Wasit kemudian memberikan tambahan waktu selama 11 menit, tetapi Australia tetap gagal menembus rapatnya pertahanan Indonesia.

Sebaliknya, Indonesia mampu menciptakan peluang untuk menggandakan keunggulan menjelang laga usai, hanya saja tembakan Marselino masih dapat diblok bek Australia.

Hingga wasit membunyikan peluit panjang, skor 1-0 untuk kemenangan Indonesia tak berubah.

Kemenangan ini membuat Indonesia menempati posisi kedua klasemen sementara usai mengoleksi tiga poin. Indonesia akan menghadapi Yordania pada laga pemungkas pada Ahad (21/4) mendatang.

31