Home Apa Siapa Denada & Jaga Pernapasan

Denada & Jaga Pernapasan

Jakarta, Gatra.com – Denada Tambunan tetap mengenakan masker ketika keluar dari rumah untuk meminimalisir paparan buruknya udara Kota Jakarta akhir-akhir ini. Selain itu, penyanyi dan aktris ini juga melakukan latihan zumba fitness.

“Selain menggunakan masker dan menghindari paparan polusi, salah satu cara saya menjaga kesehatan pernapasan adalah dengan rutin melakukan latihan zumba fitness,” katanya dalam keterangan diterima pada Minggu (11/6).

Perempuan yang didaulat mendabuk brand ambassador Zumba tersebut menjelaskan, zumba fitness adalah sebuah program kebugaran yang memadukan gerakan tarian dan olahraga kardio bertujuan untuk melatih seluruh anggota tubuh.

Menurutnya, memakai masker dan melakukan zumba fitness tersebut untuk meminimalisir paparan udara Kota Jakarta yang belakangan ini dinilai kurang bersahabat dan kurang baik untuk kesehatan.

Indonesia berada pada peringkat 26 dari 131 negara paling berpolusi di dunia. Memburuknya kualitas udara di Indonesia dianggap sebagai penyebab maraknya penyakit pernapasan ringan, seperti batuk dan pilek.

“Buruknya kualitas udara yang kita hirup tentunya berpengaruh terhadap kesehatan, terutama kesehatan pernapasan,” katanya.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk menghadiri sesi TWJ Zumba Party yang akan dipimpinnya bersama seluruh Zumba Education Specialist Indonesia, sebagai upaya untuk menjaga kesehatan pernapasan dengan berolahraga bersama di kelas yang menyenangkan ini.

“Sesi Zumba Party ini akan berlangsung pada 17 Juni 2023 sebagai bagian dari rangkaian acara The Wellness Journey,” ujarnya.

Ia menyampaikan, salah stau instruktur zumba mancanegara, yakni Jessica Exposito, Zumba Education Specialist dan Presenter Zumba Internasional dari Spanyol akan ambil bagian dan memeriahkan TWJ Zumba Party.

“Siapapun dapat mengikuti TWJ Zumba Party dengan melakukan pendaftaran melalui dnamoves.com. Bagi yang tertarik menjadi instruktur zumba, juga dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan basic 1,” ujarnya.

Sementara itu, Dokter Spesialis Paru, dr. Hasto Nugroho, Sp.P(K), FISR, MKM., menyampaikan, olahraga seperti zumba fitnes sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan paru-paru. Pasalnya, saat berolahraga, otot-otot di antara tulang rusuk akan mengembang dan berkontraksi.

“Kemudian, kantung udara di paru-paru akan bekerja dengan cepat untuk menukar oksigen dengan karbondioksida,” ujarnya.

Hasto menjelaskan, dengan rutin berolahraga, maka kita bisa memperkuat daya tahan jantung, paru-paru, dan pembuluh darah serta membuatnya bekerja maksimal menyuplai oksigen saat melakukan aktivitas sehari-hari.

118