Home Teknologi Deel Luncurkan Fitur Baru, Bantu Perusahaan Indonesia Berekspansi ke AS

Deel Luncurkan Fitur Baru, Bantu Perusahaan Indonesia Berekspansi ke AS

Jakarta, Gatra.com – Kondisi tenaga kerja yang tersebar di seluruh dunia memunculkan kebutuhan bisnis akan sistem terintegrasi, yang memudahkan perusahaan melakukan rekrutmen, penggajian, dan manajemen tim perusahaan. Hadir sebagai solusi untuk kebutuhan bisnis saat ini dan membantu perusahaan Indonesia yang ingin berekspansi ke Amerika Serikat (AS), Deel meluncurkan fitur baru, yaitu PEO (Professional Employer Organization) untuk perusahaan dengan skala kecil dan “US and Global Payroll” untuk perusahaan berskala lebih besar.

Saat ini, pemerintah Indonesia terus mendorong kerja sama bilateral dengan para mitra dagang utamanya, termasuk AS. Diketahui nilai perdagangan dan investasi kedua negara terus mengalami peningkatan selama beberapa tahun terakhir, menunjukkan momentum pertumbuhan ekonomi dan iklim investasi yang semakin membaik.

Hal ini juga didukung dengan agenda utama dialog kedua negara dalam Indo-Pacific Economic Framework Ministerial Meeting (IPEF-MM) di Detroit, AS pada Mei 2023 mengenai posisi strategis Indonesia di ASEAN. Selain itu, agenda lain yang juga diusung dalam pertemuan tersebut mencakup kondisi pertumbuhan ekonomi yang tinggi pasca disrupsi global tahun 2020-2022, yang kemudian berdampak pada daya tarik investasi dalam dan luar negeri Indonesia.

Visualisasi Payroll Connect (Doc. Deel)

Hal tersebut yang menyebabkan solusi Deel menjadi semakin relevan dalam pengembangan talenta-talenta Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri. Solusi lengkap yang ditawarkan Deel dapat memberikan manfaat bagi perusahaan Indonesia yang beroperasi di AS dan juga bagi perusahaan AS yang mempekerjakan talenta-talenta Indonesia.

Analis industri, penasihat, dan pendiri GxT, Advisors Pete A. Tiliakos mengatakan, Deel dengan cepat memantapkan posisinya sebagai perusahaan one-stop-shop terkait HR global, menawarkan segala bentuk solusi manajemen HR yang didukung dengan teknologi, yang juga turut mendukung potensi Indonesia.

“Kehadiran layanan PEO AS merupakan hal yang lumrah untuk ekosistem solusi ketenagakerjaan AS, karena menawarkan lebih banyak cara bagi perusahaan baru untuk mendukung kebutuhan sumber daya manusia mereka dalam satu platform,” kata Pete A. Tiliakos.

Diketahui, selain solusi PEO dan US & Global Payroll, Deel turut menawarkan empat jasa layanan lainnya. Pertama, perekrutan ahli dan kepatuhan internal untuk karyawan EOR (Employer of Record) dan kontraktor. Kedua, Deel HR, sistem HRIS yang memiliki cakupan global. Ketiga, dukungan imigrasi untuk lebih dari 25 negara. Terakhir, dukungan benefit karyawan untuk membantu perusahaan menavigasi penawaran yang sah, umum, dan kompetitif di negara tertentu.

Fitur terbaru PEO dari Deel memungkinkan perusahaan untuk melakukan proses penggajian untuk karyawan di wilayah AS, manajemen HR, pelaporan karyawan, dan administrasi tunjangan dalam satu sistem. Deel memastikan kepatuhan pajak gaji karyawan, memberikan pelatihan wajib, dan menangani masalah hubungan karyawan yang sensitif, seperti pemutusan hubungan kerja dan klaim kompensasi pekerja.

Selain itu, fitur ini juga memungkinkan perusahaan untuk memperluas timnya ke negara bagian lain tanpa hambatan, menyediakan layanan seperti pendaftaran ke negara bagian dan asuransi pengangguran, jika diperlukan.

Dari sisi administrasi, melalui kalkulasi pajak gaji federal dan negara bagian, Deel membantu proses penggajian karyawan yang berlokasi di AS sesuai dengan regulasi yang ada dalam hitungan menit, tanpa perlu khawatir menambahkan penyesuaian di menit-menit terakhir.

Head of Expansion, Asia, Deel, Karen Ng mengatakan, Deel mampu menangani setoran langsung dan slip pembayaran perusahaan, dan platform Deel juga dapat terintegrasi dengan perangkat lunak akuntansi milik perusahaan.

Selain itu, perusahaan juga dapat menghubungkan penyedia tunjangan perusahaan dengan platform Deel, sehingga pendaftaran tunjangan karyawan dapat berjalan secara otomatis melalui Benefit Administration add-on Deel. “Dengan tersedianya kebutuhan bisnis secara keseluruhan di platform Deel, tim HR perusahaan dapat melihat daftar gaji tim global, sehingga bisnis di Indonesia dapat lebih fokus pada strategi ekspansi yang lebih tinggi,” kata Karen.

Selain PEO, salah satu fitur unggulan terbaru dari Deel adalah Deel Payroll Connect, bagian dari solusi Global Payroll Deel. Melalui fitur Deel Payroll Connect, perusahaan dapat mengakses platform Deel secara keseluruhan, memungkinkan perusahaan untuk menggabungkan data penggajian ke dalam satu data Gross to Net (penghitungan gaji bersih) terstandarisasi, yang menggabungkan laporan penggajian Deel dengan laporan dari pihak ketiga.

Sebagai penyedia solusi manajemen HR untuk perusahaan global, Deel sudah membangun reputasinya dengan baik. Pada tahun 2022, Deel membayarkan lebih dari US$4 miliar kepada ratusan ribu pekerja, dan tahun ini jumlahnya sudah melebihi jumlah tersebut.

Dengan menggunakan platform Deel yang ramah pengguna, proses penggajian karyawan dapat dilakukan dalam hitungan menit alih-alih hitungan hari, dengan dukungan sistem penggajian 24/7, yang semuanya diproses secara internal.

Beberapa perusahaan global seperti: Klarna, Change.org, dan perusahaan asal Indonesia seperti Telin telah menggunakan Deel untuk menyederhanakan sistem penggajian tim mereka di seluruh dunia.

201