Home BUMN Komitmen Transisi ke Energi Hijau, Direksi PLN Dampingi BPKP Tinjau Langsung PLTS Terapung Cirata

Komitmen Transisi ke Energi Hijau, Direksi PLN Dampingi BPKP Tinjau Langsung PLTS Terapung Cirata

Purwakarta, Gatra.com - Deputi Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Bidang Akuntan Negara, Sally Salamah, melaksanakan agenda kunjungan lapangan langsung ke lokasi proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata. 

Didampingi oleh Direktur Manajemen Proyek dan Energi Baru Terbarukan PT PLN (Persero), Wiluyo Kusdwiharto, kunjungan ini dimaksudkan dalam rangka evaluasi atas Transformasi Energi Hijau pada PLN yang terdiri atas transisi menuju energi baru terbarukan (EBT), konservasi energi dan sumber daya energi, serta investasi dan riset bidang EBT tahun 2023.

Dilaporkan, progress pembangunan salah satu infrastruktur kelistrikan penyokong energi hijau tersebut sudah mencapai 97 persen dan ditargetkan dapat segera COD di tahun ini. Dalam kunjungan ini juga diikuti oleh beberapa pihak terkait seperti Direktur Utama PT PLN Nusantara Power, Executive Vice President Manajemen Konstruksi Jawa, Madura, Bali, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara PT PLN (Persero) Kantor Pusat, General Manager PT PLN (Persero) UIP Jawa Bagian Tengah serta Direktur Utama PT PLN Nusantara Renewables. 

Baca Juga: Dirut PLN Siap Penuhi Kebutuhan Listrik dari Energi Bersih

Wiluyo menjelaskan bahwa PLTS Terapung Cirata merupakan pembangkit listrik tenaga surya pertama di Indonesia sekaligus terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas 145 Mega Watt AC (MWac). Pembangkit ramah lingkungan ini  dibangun di atas Waduk Cirata  dalam 13 blok dengan lebih dari 340.000 solar panel. 

Pembangunan proyek hijau ini digarap oleh Subholding PLN yaitu PLN Nusantara Power bersama dengan perusahaan energi asal Uni Emirat Arab (UEA), Masdar.

“PLN berkomitmen untuk mendukung tercapainya transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE) yang ditargetkan di tahun 2060, salah satunya melalui pembangunan PLTS Terapung Cirata yang mampu memproduksi 245 juta kWh energi bersih per tahun dan mampu melistriki setara lebih dari 50.000 rumah, serta akan menekan emisi karbon sampai dengan 214.000 ton per tahun,” ujar Wiluyo.

Direksi PLN saat mendampingi BPKP dalam peninjauan langsung PLTS Terapung Cirata. (Dok.PLN)

Dalam kesempatan tersebut, Wiluyo juga menegaskan bahwa PLN sebagai lokomotif transisi energi di Indonesia saat ini juga terus menambah porsi pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan (EBT). 

Wiluyo mencontohkan, saat ini sedang dilakukan pembangunan PLTA Jatigede, PLTA Upper Cisokan Pumped Storage, dan kedepannya akan segera dibangun PLTS Terapung Saguling serta PLTS Terapung Singkarak. 

Selain itu, PLN juga melakukan langkah strategis melalui pengembangan Accelerated Renewable Energy Development yang akan semakin meningkatkan pemerataan kelistrikan nasional melalui transmisi yang menghubungkan pembangkit-pembangkit energi baru terbarukan atau Green Enabling Super Grid. 

“Pembangunan infrastruktur Green Enabling Super Grid ini akan menjadikan sistem kelistrikan antar pulau di Indonesia yang sebelumnya terfragmentasi menjadi terhubung satu sama lain,” tandasnya.

119