Home Pendidikan Study in UK Indonesia Bawa Perwakilan Langsung 35 Universitas Favorit UK & Irlandia di Pameran Study

Study in UK Indonesia Bawa Perwakilan Langsung 35 Universitas Favorit UK & Irlandia di Pameran Study

Jakarta, Gatra.com- Study in UK (SI-UK) Indonesia kembali menghadirkan pameran pendidikannya yang bertajuk “Study in UK Expo 2024”. Agenda ini akan digelar pada Sabtu, 27 Januari 2024 mendatang bertempat di Hotel The Westin Jakarta, mulai pukul 13:00
WIB.

Pameran serta panduan lengkap berkuliah di Inggris Raya ini akan diramaikan oleh 35 perwakilan langsung universitas favorit dari UK dan Irlandia. Country Director Study in UK (SI-UK) Indonesia, Gianti Atmojo mengatakan, Study in UK Expo merupakan wadah reguler untuk menjembatani muda-mudi tanah air dalam memperoleh informasi komprehensif mengenai pendidikan tinggi di Inggris Raya.

“Kami hadirkan untuk menjembatani muda-mudi tanah air dalam memperoleh informasi komprehensif mengenai pendidikan tinggi di Inggris Raya serta mendapatkan peluang untuk dapat diterima di universitas impian mereka," kata Gianti dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/1).

Baca juga: Deakin University dan Unistart Kolaborasi Akses Program Studi Luar Negeri

Merujuk data yang mereka miliki juga  menyebutkan bahwa 98% dari para pendaftar Study in UK (SI-UK) Indonesia telah berhasil mendapatkan tawaran dari universitas pilihan pertama mereka. "Presentase ini jauh lebih tinggi dibandingkan pelajar yang mendaftar secara mandiri (hanya 55%-red)," ujar dia.

Menurut dia, Study in UK (SI-UK) Indonesia ada untuk mewujudkan mimpi setiap pelajar Indonesia yang ingin kuliah dan memperluas pengalaman di UK. Peluang kuliah di lebih dari 35 universitas bergengsi ini juga tidak hanya dapat diakses melalui pendaftaran mandiri saja, namun mahasiswa atau calon mahasiswa dapat mengambil jalur beasiswa LPDP, atau bisa langsung mendatangi booth British Council dan Chevening Scholarship yang hadir saat acara Study in UK Expo 2024.

“British Council dan Chevening juga
memiliki sejumlah program beasiswa yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa, sesuai dengan preferensi mereka,” ungkap Gianti.

Baca juga: SMU Resmikan Institut Perkotaan, Fokus pada Studi Kota-kota di Asia

Sebagai informasi, Chevening Scholarship, yang telah berpartisipasi untuk kedua kalinya pada pagelaran Study in UK Expo, merupakan flagship program dari pemerintah UK.

Program Beasiswa Chevening yang hadir sejak tahun 1983, telah bermitra dengan seluruh universitas di Inggris Raya dan menawarkan program 1 tahun pascasarjana (S2) di semua jurusan. Dari program ini, Indonesia telah memiliki hampir 2ribu alumni berprestasi dengan sebagian diantaranya merupakan tokoh-tokoh berpengaruh tanah air.

Selain Chevening Scholarship, Study in UK (SI-UK) Indonesia juga turut memperkenalkan program beasiswa yang sama di wilayah Irlandia. Program beasiswa pascasarjana (S2) dari Irlandia ini merupakan beasiswa fully funded yang dihadirkan oleh pemerintah Irlandia untuk sejumlah mahasiswa Internasional, dan berlaku di seluruh universitas dan jurusan yang ada di Irlandia.

Pameran Study in UK Expo 2024 menghadirkan pameran pendidikannya yang bertajuk “Study in UK Expo 2024” dengan membawa Perwakilan Langsung 35 Universitas Favorit UK & Irlandia. (GATRA/Dok Study in UK Indonesia) 

British Council juga turut berpartisipasi dengan tidak hanya menghadirkan edukasi dan informasi terkait budaya dan kursus berbahasa Inggris, tapi juga menawarkan program beasiswa yang dapat dipilih oleh pelajar Indonesia. Saat ini, British Council memiliki dua program beasiswa seperti GREAT Scholarship dan WOMEN IN STEM Scholarship.

Keunikan dari program WOMEN IN STEM Scholarship ini adalah pelamar yang khusus ditargetkan untuk pelajar wanita. Program ini dibuka karena melihat adanya gap yang cukup besar antara pendaftar beasiswa, terutama para dari sisi mahasiswi.

Pada pameran kali ini, Study in UK (SI-UK) Indonesia juga masih terus menunjukkan identitasnya sebagai perpanjangan tangan langsung dari seluruh universitas terkemuka di Inggris Raya. Gianti menyebutkan bahwa para konsultan dari Study in UK (SI-UK) Indonesia siap memfasilitasi konsultasi netral kepada peserta yang hadir, serta menyediakan pelayanan pendaftaran langsung secara gratis.

Baca juga: Gerakan Pelajar Indonesia Mendunia, PPI Dunia: Semangat Berkontribusi bagi Kemajuan SDM Indonesia

Untuk lebih memeriahkan pameran, Study in UK (SI-UK) Indonesia juga memberikan kesempatan kepada para pengunjung yang beruntung, untuk dapat memenangkan hadiah iPad dan free IELTS Test. Study in UK (SI-UK) Indonesia selaku konsultan pendidikan memberikan all-inclusive service.

"Mulai dari pendampingan membuat keputusan akademis yang tepat dan mempersiapkan segala aspek yang berkaitan dengan Study in the UK, memahami kehidupan di UK (Live in the UK) hingga kesempatan memupuk pengalaman dari peluang kerja magang (Work in the UK) yang akan memberikan koneksi berpotensi untuk masa depan,” tutup Gianti.

41