Home Pendidikan Selebrasi dan Kompetisi Bahasa Inggris Warnai 40 Tahun TBI

Selebrasi dan Kompetisi Bahasa Inggris Warnai 40 Tahun TBI

 

Jakarta, Gatra.com– Dalam era yang serba cepat dan penuh tantangan, pendidikan tidak lagi hanya tentang pengetahuan dan kemampuan akademik, namun pendidikan holistik berkelanjutan melalui keterampilan bahasa asing khususnya bahasa Inggris pada generasi muda.

Selain untuk kebutuhan formal dan non-formal, penguasaan bahasa Inggris bukan tidak hanya akan berdampak pada adaptasi global namun juga meningkatkan penguasaan teknologi digital, serta aktualisasi diri agar lebih percaya diri dalam kompetisi globalisasi.

Marketing Communication Manager The British institute (TBI), Diah Pratiwi Soehendro memaparkan pentingnya meningkatkan kualitas SDM Indonesia melalui pendidikan yang menyeluruh disertai pengembangan keterampilan. "Hal itu dapat mempengaruhi cakupan daya saing SDM dimana penguasaan bahasa Inggris menjadi pijakan yang kuat dalam komunikasi lintas bahasa dan menjadi keterampilan krusial di masa depan yang semakin terhubung secara global,” katanya di Jakarta, Kamis (29/2).

Berdiri sejak 18 Februari 1984, empat dekade TBI hadir dalam dunia pendidikan. Sebagai lembaga pelatihan bahasa Inggris di Indonesia dan dalam perayaan ulang tahunnya yang ke-40 ini, TBI perkuat komitmen untuk terus adaptif di segala lini industri dengan menggaungkan core values yaitu; transformasi (transformation), membangun (build), dan inovasi (innovation).

Presiden Direktur TBI, Reza Suriansha menuturkan bahwa perjalanan menuju usia 40 tahun bukan hal yang mudah dilalui. "Namun kami berhasil bertahan dan terus bergerak maju. Perhelatan ulang tahun TBI ke-40 menjadi sebuah langkah awal kami membuka oportunitas baru yang lebih luas melalui berbagai program pelatihan bahasa Inggris yang adaptif, komunikatif dan praktikal," jelasnya.

Mengusung tema “Transform Yourself, Build Confidence, Innovate for the Future”, ajang kompetisi tahunan TBI English Challenge juga kembali digelar tahun ini sebagai momen yang paling menonjol dari rangkaian seremonial TBI 40th Anniversary yang dilaksanakan serentak di seluruh cabang TBI pada tanggal 20–27 Februari 2024 secara luring.

Ajang bergengsi ini didesain untuk mengakomodasi pelajar skala nasional SD, SMP, dan SMA sederajat untuk bersaing sehat sembari memperluas jaringan sosial dengan fokus pengembangan kemampuan bahasa Inggris. Berbagai kategori TBI English Challenge yang diperlombakan tahun ini adalah; Spelling Bee, Storytelling, Quiz, Writing, Speech, dan Reading Aloud.

TBI English Challenge merupakan salah satu upaya memotivasi para siswa/i Indonesia dalam memantapkan langkah mereka ke depan melalui pengalaman nyata dan memperkuat keterampilan komunikasi mereka secara optimal. Kompetisi seperti ini membuktikan bahwa pendekatan holistik terhadap pembelajaran bahasa Inggris dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten secara akademis, tetapi juga siap bersaing di kancah internasional.

55
TBI