Home Internasional Menjelang Serangan di Rafah, Israel Siapkan Evakuasi Warga Sipil

Menjelang Serangan di Rafah, Israel Siapkan Evakuasi Warga Sipil

Gaza, Gatra.com - Israel telah menyediakan puluhan ribu tenda untuk warga sipil Palestina yang akan dievakuasi dari Rafah dalam beberapa minggu mendatang, menjelang serangan yang dijanjikan terhadap kota yang dianggap sebagai benteng terakhir Hamas di Jalur Gaza. 

Sumber-sumber Israel mengungkapkan dikutip Reuters pada hari Rabu (23/4).

Berdekatan dengan perbatasan Mesir, populasi Rafah telah membengkak karena lebih dari satu juta warga Palestina yang melarikan diri dari serangan Israel, yang telah berlangsung selama setengah tahun di seluruh Gaza.

Nasib mereka mengkhawatirkan negara-negara Barat dan juga Kairo, yang mengesampingkan masuknya pengungsi ke Sinai Mesir.

“Setelah berminggu-minggu melakukan pembicaraan dengan Amerika Serikat mengenai perlindungan sipil, Kementerian Pertahanan Israel telah membeli 40.000 tenda, masing-masing berkapasitas 10 hingga 12 orang, untuk warga Palestina yang direlokasi dari Rafah,” kata sumber-sumber pemerintah Israel.

Video yang beredar online menunjukkan deretan tenda persegi berwarna putih berdiri di Khan Younis, sebuah kota sekitar 5 kilometer (3 mil) dari Rafah.

Reuters tidak dapat memverifikasi hal ini, namun menerima gambar dari perusahaan satelit Maxar yang menunjukkan beberapa tenda kamp di tanah Khan Younis yang telah kosong pada tanggal 7 April.

Kementerian pertahanan Israel menolak berkomentar.

Sumber-sumber pemerintah mengatakan kabinet perang Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berencana bertemu dalam dua minggu mendatang untuk mengizinkan evakuasi warga sipil – yang diperkirakan akan memakan waktu sekitar satu bulan – sebagai tahap pertama penyisiran Rafah.

Kantor Netanyahu belum memberikan komentar mengenai hal ini.

Meski tidak membahas rencana pertempuran spesifik, militer Israel semakin mengisyaratkan kesiapan untuk menyerang Rafah.

“Hamas terpukul keras di sektor utara. Hal ini juga mendapat pukulan keras di bagian tengah Jalur Gaza. Dan dalam waktu dekat hal ini juga akan terjadi di Rafah,” Brigadir Jenderal Itzik Cohen, komandan Divisi 162 yang beroperasi di Gaza, mengatakan kepada TV publik Kan pada hari Selasa.

“Hamas harus tahu bahwa ketika IDF (Pasukan Pertahanan Israel) masuk ke Rafah, mereka akan melakukan yang terbaik untuk mengangkat tangan dan menyerah. Rafah tidak akan menjadi Rafah saat ini... Tidak akan ada amunisi di sana. Dan tidak akan ada sandera di sana,” tambahnya.

Pada hari Rabu, militer mengatakan telah mengerahkan dua brigade cadangan untuk misi di Gaza.

Israel mengatakan Rafah adalah rumah bagi empat batalyon tempur Hamas yang masih utuh, dan diperkuat oleh ribuan pejuang kelompok militan tersebut yang mundur. “Kemenangan dalam perang Gaza, yang dilancarkan setelah aksi pembunuhan dan penculikan lintas-perbatasan yang dilakukan Hamas pada 7 Oktober, tidak mungkin terjadi tanpa merebut Rafah, menghancurkan Hamas, dan memulihkan sandera di sana,” kata Israel.

Hamas tidak mengomentari pengerahannya.

Dalam pidatonya pada hari Selasa yang menandai hari ke-200 perang, juru bicara sayap bersenjata Hamas Abu Ubaida mengatakan Israel hanya mencapai “penghinaan dan kekalahan” dalam kampanye, yang menurut para pejabat medis Gaza telah menewaskan lebih dari 34.000 warga Palestina.

Hamas membunuh 1.200 orang dan menculik 253 orang pada 7 Oktober, menurut penghitungan Israel. Dari para sandera tersebut, 129 orang masih berada di Gaza, kata para pejabat Israel. Lebih dari 260 tentara Israel tewas dalam pertempuran darat sejak 20 Oktober, kata militer.

Bagi para pengungsi di Rafah, evakuasi lainnya tampak suram.

Aya, 30 tahun, yang tinggal sementara di kota bersama keluarganya di sekolah, mengatakan dia sedang mempertimbangkan untuk keluar. Namun dia khawatir hal itu akan terlalu berbahaya. 

Dia mengatakan bahwa beberapa keluarga baru-baru ini pindah ke kamp pengungsi di pesisir Al-Mawasi, namun tenda mereka terbakar ketika peluru tank mendarat di dekatnya.

“Saya harus mengambil keputusan apakah akan meninggalkan Rafah karena ibu saya dan saya takut invasi bisa terjadi secara tiba-tiba dan kami tidak punya waktu untuk melarikan diri,” katanya. "Kemana kita pergi?"

HA Hellyer, rekan senior dalam studi keamanan internasional di Royal United Services Institute, memperkirakan serangan terhadap Rafah “lebih cepat” karena Netanyahu berada di bawah tekanan untuk memenuhi tujuannya yaitu menyelamatkan para sandera dan membunuh seluruh anggota Hamas. pemimpin.

“Invasi ke Rafah tidak dapat dihindari karena cara dia membingkai semua ini,” katanya. Namun tidak mungkin semua orang meninggalkan kota tersebut, jadi “jika dia mengirim militer ke Rafah, akan ada banyak korban jiwa.”

Mesir mengatakan pihaknya memperingatkan Israel agar tidak pindah ke Rafah. Tindakan seperti itu, menurut Layanan Informasi Negara Mesir, “akan menyebabkan pembantaian besar-besaran, kerugian (dan) kehancuran yang meluas.”

11