Home Internasional Serangan Israel di Rafah Menewaskan 19 Warga Palestina

Serangan Israel di Rafah Menewaskan 19 Warga Palestina

Gaza, Gatra.com - Serangan Israel yang menargetkan sebuah rumah di Rafah di Gaza Selatan, menewaskan sembilan warga Palestina. 

Pejabat kesehatan Gaza menyebut jumlah korban tewas akibat serangan Israel bertambah menjadi 19 orang pada hari Senin (6/5).

Al-arabiya melaporkan, serangan itu terjadi tak lama setelah sayap bersenjata Hamas pada Minggu mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap penyeberangan Kerem Shalom ke Gaza, yang menurut Israel menewaskan tiga tentaranya.

“Tak lama setelah serangan Hamas, serangan udara Israel menghantam sebuah rumah di Rafah yang menewaskan tiga orang dan melukai beberapa lainnya,” kata petugas medis Palestina.

Militer Israel mengkonfirmasi serangan balasan tersebut, dengan mengatakan bahwa serangan tersebut mengenai peluncur tempat proyektil Hamas ditembakkan, serta “struktur militer” di dekatnya.

“Peluncuran yang dilakukan Hamas di dekat Penyeberangan Rafah…adalah contoh nyata eksploitasi sistematis yang dilakukan organisasi teroris (sebutan Israel ke Hamas) terhadap fasilitas dan ruang kemanusiaan, dan mereka terus menggunakan penduduk sipil Gaza sebagai tameng manusia,” katanya.

Hamas membantah pihaknya menggunakan warga sipil sebagai tameng manusia.

Tepat sebelum tengah malam, serangan udara Israel menewaskan sembilan warga Palestina, termasuk seorang bayi, di rumah lain di Rafah, kata pejabat kesehatan Gaza. Mereka mengatakan serangan baru itu menambah jumlah korban tewas pada hari Minggu menjadi sedikitnya 19 orang.

39