Home Internasional Anwar Ibrahim Bertemu Pemimpin Hamas: Hentikan Kekejaman Israel terhadap Warga Palestina

Anwar Ibrahim Bertemu Pemimpin Hamas: Hentikan Kekejaman Israel terhadap Warga Palestina

Doha, Gatra.com - Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim bertemu dengan para pemimpin Hamas selama kunjungan resmi tiga hari ke Qatar,  di mana ia mendesak Israel untuk menghentikan kekejaman terhadap warga Palestina.

Dia juga meminta Israel untuk membebaskan semua tahanan Palestina dan menyetujui rencana perdamaian, sebagaimana ditulis pemimpin Malaysia itu dalam postingan Facebooknya pada Selasa (14/5).

Turut hadir dalam acara tersebut, delegasi Hamas dipimpin ketua Hamas Ismail Haniyeh dan mantan ketua Hamas Khaled Mashal. 

Mereka memberi penjelasan kepada Anwar tentang situasi terkini di Gaza dan Rafah.

Dalam postingannya, Anwar juga mengatakan Malaysia akan terus memainkan perannya dalam menghentikan serangan di Rafah dan mengerahkan lebih banyak upaya untuk membantu korban perang di Gaza.

Israel berencana melancarkan serangan habis-habisan di Rafah , benteng besar terakhir Hamas di Gaza. Mereka terus melakukan serangan ke kota pada hari Senin, menyebabkan warga sipil berebut mencari keselamatan. 

Sejak konflik meletus (hampir) delapan bulan lalu, ratusan ribu warga Palestina telah terbunuh dan terluka dan separuh wilayah Gaza hancur permanen akibat kebrutalan rezim Zionis.

“Malaysia mengapresiasi kesediaan Hamas untuk melepaskan tahanan, terutama anak-anak dan perempuan, serta menerima rencana perdamaian dunia Arab, OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) dan masyarakat internasional,” kata Anwar.

Anwar menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya anggota keluarga Haniyeh yang tewas akibat pengeboman Israel.

Ketiga putra Haniyeh tewas dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza pada bulan April.

Militer Israel membenarkan serangan tersebut dan menggambarkan ketiga putranya sebagai anggota sayap bersenjata Hamas.

Adapun empat cucu Haniyeh, tiga perempuan dan satu laki-laki, juga tewas dalam serangan itu.

Ini merupakan pertemuan tatap muka pertama Anwar dengan Haniyeh sebagai perdana menteri Malaysia.

Anwar telah bertemu dengan pemimpin tertinggi Hamas dua kali, yang terakhir pada tahun 2020 ketika Haniyeh mengunjungi Malaysia. Mereka juga bertemu pada tahun 2019.

“Perdana menteri juga bertemu dengan dua pemimpin tertinggi pemerintah Qatar untuk membahas konflik tersebut, sebagaimana dilapoprkan berita Malaysia, Bernama.

Ia mengatakan kedua negara sepakat bahwa semua pihak harus berperan dalam mencari solusi untuk mengakhiri penderitaan rakyat Palestina, lapor Bernama.

Korban tewas warga Palestina dalam perang tersebut kini telah melampaui 35.000 orang, menurut pejabat kesehatan Gaza.

72