Home Pemilu 2024 Keluarga Optimistis Menangkan PSU DPD RI Eks Terpidana Kasus Suap

Keluarga Optimistis Menangkan PSU DPD RI Eks Terpidana Kasus Suap

Padang, Gatra.com - Pemungutan Suara Ulang (PSU) DPD RI Sumatera Barat (Sumbar) terlihat lengang hampir di semua Tempat Pemungutan Suara (TPS). Namun keluarga Irman Gusman calon senator asal Sumbar itu justru semangat menggunakan hak suaranya.

Berdasarkan pantauan Gatra.com, keluarga Irman menggunakan hak pilih di TPS 12 Kompleks Dangau Teduh, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. Sementara Irman Gusman sendiri tidak bisa menggunakan hak suara dikarenakan masih ber-KTP Jakarta.

“Selama ini ada kesalahan KPU karena tidak memasukkan Irman Gusman sebagai DCT [daftar calon tetap], dan sekarang sudah disetujui MK dan adanya PSU ulang, saya sebagai adiknya mendukung Irman Gusman, makanya saya mencoblos,” kata Gusneli Gusman, (54 tahun) pada Sabtu, (13/7) di lokasi.

Tak seorang diri, Gusneli menggunakan hak suaranya di PSU DPD RI Sumbar ini bersama dengan tujuh anggota keluarganya, termasuk di antaranya adik Irman Gusman yang ke-3 meski dalam keadaan tidak bisa berjalan, sehingga harus dipapah oleh anggota keluarganya yang lain hingga petugas PSU.

Menurut Gusneli, kendati setiap TPS lengang, pihaknya tetap berharap Irman Gusman Calon Anggota DPD RI Sumbar nomor urut 8 itu bisa terpilih kembali sebagai senator Sumbar.

“Sekarang 8 orang yang mencoblos di sini, di tempat lain ada juga,” tuturnya.

Sementara itu, Calon Anggota DPD RI, Irman Gusman, mengatakan, PSU DPD RI Sumbar ini merupakan proses demokrasi di Tanah Air. Apalagi menurut eks terpidana kasus suap impor gula Perum Bulog itu, PSU DPD RI ini pertama kali terjadi dalam sejarah sejak adanya DPD RI 20 tahun silam.

“PSU ini kita tidak melihat lengangnya, atau jumlah partisipasi pemilih. Tapi ini bentuk demokrasi politik kita. Meskipun sedikit yang milih, semoga yang milih itu memilih kita,” selorohnya dalam bahasa Minang.

Diketahui, PSU DPD RI Sumbar ini dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan permintaan Irman Gusman untuk dilakukan PSU. Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) PSU ini sebanyak 4.088.606 yang tersebar di 17.569 TPS untuk seluruh kabupaten dan kota daerah Sumbar.

41