Home Politik Klaim Atasi Masalah Sampah, Duet Kader Muhammadiyah-PDIP Ramaikan Bursa Pilkada Kota Yogyakarta

Klaim Atasi Masalah Sampah, Duet Kader Muhammadiyah-PDIP Ramaikan Bursa Pilkada Kota Yogyakarta

Yogyakarta, Gatra.com - Bursa kandidat Pilkada Kota Yogyakarta kembali diramaikan dengan munculnya bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota. Masalah darurat sampah diangkat untuk menggaet dukungan warga.

Bakal pasangan calon itu adalah Afnan Hadikusumo dan Antonius Fokki Ardiyanto. Afnan adalah anggota DPD RI sekaligus tokoh Muhammadiyah, sementara Fokki politisi PDI Perjuangan dan Ketua Pansus Penanganan Sampah DPRD Kota Yogyakarta.

Spanduk Afnan-Fokki pun bermunculan di sejumlah lokasi di Kota Yogyakarta. Dengan jargon “Menuju Jogja Bersih”, Afnan-Fokki mengklaim dapat mengatasi masalah sampah di Kota Yogyakarta.

“Mas Fokki selalu melibatkan langsung masyarakat dalam mengatasi persoalan sampah, meminta masukan dari kami yang mulai resah bingung dan membuang sampah,” kata Hastomo, Ketua Ikatan Perempuan Mawar Merah Mangkukusuman, salah satu underbow PDIP yang mendukung Afnan-Fokki, Minggu (12/5).

Komunitas Pengerobak Sampah Kota Yogyakarta juga mengklaim memberi dukungan. “Kami percaya beliau berdua akan menuntaskan krisis sampah di Kota Yogyakarta,” kata Agus Budi Santoso, koordinator komunitas tersebut.

Pendukung pasangan tersebut mulai eksis di media sosial atas nama Barisan Relawan Afnan-Fokki (Braffo). Di akun Instragram @Braffo2024, tampak video yang memperlihatkan keduanya menyambangi tempat pengolahan sampah di Nitikan, Kota Yogyakarta.

Afnan menyebut perlunya pemilahan sampah organik yang bisa diolah jadi pupuk. “Tiap hari Dinas Lingkungan Hidup mengirim truk sampah yang dibiayai APBD (dari sini) ke Cilacap untuk pembuatan pupuk. Tujuan kami meninjau ini supaya diperbanyak kuantitasnya dan mudah-mudahan menjadi solusi bagi warga Kota Yogyakarta,” imbuh Fokki di video itu.

Afnan telah mengikuti penjaringan bakal calon wali kota di Partai Golkar dan mengklaim didukung pengurus Muhammadiyah. Adapun Fokki sudah resmi mendaftar di PDIP. “Saya rasa ini dukungan masyarakat yang organik, bukan saya yang memprakarsai,” kata Fokki.

4965