Home Politik Rekomendasi PDIP Mengerucut ke Dirinya, Rober Christanto Undang 162 Kades

Rekomendasi PDIP Mengerucut ke Dirinya, Rober Christanto Undang 162 Kades

Karanganyar, Gatra.com-Sebanyak 162 kepala desa di Kabupaten Karanganyar, Jateng menghadiri undangan mantan bupati Rober Christanto di Joglo Dawan Tasikmadu Karanganyar, Jateng, Rabu malam (24/7). Kegiatan ini dalam upaya meningkatkan elektabilitas serta popularitasnya jelang menerima rekomendasi DPP PDIP kepada dirinya yang nyalon bupati Karanganyar pada Pilkada serentak 2024.

Rober tak secara gamblang menyosialisasikan dirinya bakal mendapat rekomendasi maju calon bupati dari PDIP ke para kades. Ia hanya menyampaikan prestasi para wakil rakyat dari PDIP yang berhasil membawa dana aspirasi untuk kemajuan Kabupaten Karanganyar. Kepada wartawan usai menemui para kades, Rober mengatakan telah menjalani beberapa kali uji kepatutan dan kelayanan (UKK) di DPD PDIP Jawa Tengah. Untuk diketahui, DPC PDIP Karanganyar hanya mengirim satu kandidat bakal calon bupati hasil penjaringan. Sedangkan nama-nama lainnya yang disodorkan melamar calon wakil bupati.

"Ini lagi persiapan saja. Agar siap saat pemanggilan (menerima rekomendasi)," kata Rober.

Pria yang menjabat Wakil Bupati Karanganyar periode 2019-2023 serta Bupati antarwaktu ini meyakini DPP PDIP tepat menjatuhkan pilihan calon bupati. Ia sendiri tak mau mendahului keputusan DPP, namun tetap siap ditugaskan.

"Saya ini petugas partai. Akan bergerak bersama (saat resmi direkomendasi)," katanya.

Ia menjadwalkan pertemuan dengan simpul massa untuk menaikkan elektabilitas dan popularitasnya. Selain menyasar kades, undangannya akan dikirim ke perangkat desa, pelaku UMKM dan sebagainya.

"Saya ini lima tahun jadi Wabup, selalu komunikasi ke kades. Sekarang setelah enggak menjabat, kangen. Ajak kesini silaturahmi. Sekaligus saya sampaikan program dan visi misi saya nyalon bupati, siapa tahu kades-kades ngasih masukan," katanya.

Hadir pula pengurus DPC PDIP Karanganyar, struktural serta anggora Fraksi PDIP DPRD Karanganyar, semalam. Ketua DPC PDIP Karanganyar, Bagus Selo optimistis rekomendasi calon bupati Karanganyar diberikan DPP maksimal 5 Agustus 2024. Ia membenarkan Rober Christanto satu-satunya kandidat calon bupati hasil penjaringan yang disodorkan ke DPP melalui DPD PDIP.

"Yang mendaftar calon bupati di penjaringan DPC PDIP Karanganyar hanya pak Rober," katanya.

Mengenai siapa bakal calon wakil bupati yang direstui DPP, ia mengatakan itu hak DPP pula yang menentukan. Termasuk kemungkinan PDIP berkoalisi dengan Gerindra pada Pilbup Karanganyar 2024. Gerindra merupakan parpol yang disebut-sebut jadi rebutan dalam pemenangan pemilukada 2024.

"Dengan Gerindra, itu ada kemungkinan. Semua merujuk rekomendasi DPP PDIP," katanya.

Sementara itu Ketua DPC Gerindra Karanganyar, Adhe Eliana menyebut rekomendasi DPP Partai Gerindra untuk memenangkan Pilbup Karanganyar sudah diterimanya. Sayangnya, ia tak mau menjelaskan isinya. Gerindra saat ini masih komitmen dengan gabungan parpol poros tengah di Koalisi Kebersamaan yang diikuti PAN, PKS dan Gerindra. Di koalisi kebersamaan, belum juga menentukan calon yang akan diusung.

222