Home Hukum Buntut Gugatan Ijazah Palsu, Otto Hasibuan: Jokowi Takkan Laporkan Balik

Buntut Gugatan Ijazah Palsu, Otto Hasibuan: Jokowi Takkan Laporkan Balik

Jakarta, Gatra.com – Kuasa hukum Presiden Joko Widodo (Jokowi), Otto Hasibuan, mengatakan, kliennya tidak pernah menyampaikan untuk melaporkan pihak yang menuding atau memfitnahnya menggunakan ijazah palsu terkait gugatan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus).

“Yang kami tahu Pak Jokowi tidak pernah mengatakan mau melaporkan siapa-siapa, dia itu sungguh berjiwa besar,” kata Otto Hasibuan dalam konferensi pers di Jakarta pada Kamis petang (25/4).

Namun demikian, Otto menyampaikan, hal tersebut berdasarkan sikap Jokowi hingga Kamis petang. “Sampai sekarang ini, enggak tahu besok, gugat balik, lapor balik orang itu, enggak ada,” ujarnya.

Ia menyampaikan, Jokowi berjiwa besar meskipun dituduh menggunakan ijazah palsu, dihina hingga dicaci maki. “Terus terang kami terharu betul melihat Pak Jokowi,” ucapnya.

Otto Hasibuan menyampaikan, pihaknya kadang-kadang berdiskusi langsung dengan Presiden Jokowi dan menyampaikan, ini kalau dibiarkan akan terus bergulir dan tidak membuat orang kapok. Namun Jokowi menyampaikan itu bukan masalah.

“Pak Jokowi katakan, sudahlah enggak apa-apa. Dia rela dicaci maki,” ujar Otto.

Ia menilai bahwa Presiden Jokowi ?berjiwa besar. Terlebih berbagai upaya hingga jalur hukum, teranyar gugatan Eggi Sudjana dkk mewakili Bambang Tri Mulyono dinyatakan tidak dapat diterima oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus).

“Itulah kehebatan dari Pak Jokowi. Kan sudah diprotes, dicoba lewat media massa tidak bisa, dicoba melalui pengadilan tidak berhasil, lalu mau apa lagi?” ujarnya.

197