Home Lingkungan GIF Serukan Aksi Kolaboratif Atasi Persoalan Sampah

GIF Serukan Aksi Kolaboratif Atasi Persoalan Sampah

Jakarta, Gatra.com – Chairperson GoTo Impact Foundation (GIF), Monica Oudang, menyerukan aksi kolektif atau kolaboratif semua elemen bangsa untuk mengatasi berbagai persoalan sampah di Tanah Air.

Monica di Jakarta, Rabu (11/10), menyampaikan, aksi kolektif semua elemen untuk saling bisa belajar, merayakan kolaborasi multi sektoral, dan berpartisipasi aktif dalam penyelesaian masalah melalui innovation ecosystem.

Ia mengungkapkan, pihaknya menyerukan perlunya kerja kolaboratif semua elemen bangsa tersebut di antaranya pada diskusi panel IDEAFest 2023 bertema “Measure What Matters: A New Paradigm for Impact“.

Dalam acara tersebut, lanjut Monica, GIF memperkenalkan Kenalkan Innovation Ecosystem dalam Penyelesaian Masalah Sampah. Adapun GIF merupakan organisasi penggerak dampak yang didirikan oleh GoTo dan sebelumnya bernama Yayasan Anak Bangsa Bisa atau YABB.

GIF menyadari bahwa solusi tunggal dengan penyelesaian secara sendiri-sendiri tidak cukup untuk menciptakan perubahan yang berkelanjutan dalam penyelesaian masalah sampah di Indonesia.

Menurutnya, kondisi tersebut mendorong GIF untuk menjunjung kekuatan transformatif "gotong royong" dengan membangun innovation ecosystem yang memobilisasi dan menyatukan para pembuat dampak, pendanaan, pengetahuan, dan keahlian guna mengatasi tantangan kompleks di Indonesia.

“Dalam menyelesaikan masalah sampah di Indonesia, banyak sekali solusi yang ditawarkan masih berbentuk output berbasis angka capaian dan jangkauan saja,” ujarnya.

Padahal, lanjut Monica, tugas dari pembuat dampak lebih dari itu, di mana kita harus memastikan implementasi program memiliki outcome yang mendalam sehingga penerima dampak nantinya bisa merasakan perubahan dan manfaat yang terukur.

“Kami berharap, melalui kesempatan ini kami bisa mengajak seluruh elemen untuk bergerak, berdampak, bersama dalam penyelesaian masalah sampah di Indonesia,” katanya.

Ia mengungkapkan, bergerak dan berdampak tersebut bukan hanya pada implementasinya namun juga proses monitoring dan pengukuran capaian implementasi yang dilakukan, sehingga hasil dari implementasi betul-betul tepat sesuai sasaran dan mampu mengakselerasi kemajuan menuju peradaban yang lestari.

Monica mengungkapkan, dalam IDEAFest 2023 tersebut GIF menampilkan karya seni hasil kerja sama dengan platform pasar seni Meramu.id dan seniman lokal Matrahita di IdeaFest 2023 Jakarta Convention Center (JCC).

Penambilan karya seni tersebut untuk menciptakan kesadaran dan menyampaikan pesan bahwa pengelolaan semua jenis sampah, yakni plastik, tekstil, makanan, dan lainnya merupakan tanggung jawab bersama dan hanya bisa diselesaikan dengan semangat gotong royong, tanpa ego serta agenda pribadi.

35