Home Lingkungan Wujudkan #IndonesiaAsri di Race Expo Jakarta Marathon 2023 Chandra Asri Kumpulkan Lebih dari 2.780 k

Wujudkan #IndonesiaAsri di Race Expo Jakarta Marathon 2023 Chandra Asri Kumpulkan Lebih dari 2.780 k

Jakarta, Gatra.com- PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri Group), perusahaan kimia dan solusi infrastruktur di Indonesia mengambil bagian di ajang lari bertaraf internasional, Jakarta Marathon 2023, sebagai Official Partner for Sustainability and Circular Economy dengan mengumpulkan 2.788,54kg sampah.

"Sebagai mitra pertumbuhan Indonesia, Chandra Asri senang dapat bermitra dengan Jakarta Marathon 2023 menjadi Official Partner for Sustainability & Circular Economy," kata Head of Corporate Communication Chandra Asri, Chrysanthi Tarigan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/10).

Jumlah itu diperoleh dari seluruh kegiatan yang berlangsung selama empat hari di race expo dan kegiatan aksi asri operasi semut sebanyak dua kali. Dari total sampah yang terkumpul mencapai 2788,54kg, terdiri dari 1210,12kg sampah plastik, 850,48kg sampah kertas, 72,94kg sampah organik, dan 655,02kg sampah lainnya.

Baca juga: ​​Chandra Asri Siap Sukseskan Ajang Jakarta Marathon 2023

Sampah-sampah ini nantinya akan dikelola oleh mitra Jakarta Marathon. Akan tetapi, khusus sampah plastik low value, seperti kresek, akan dikelola langsung oleh Chandra Asri di IPST ASARI untuk diolah menjadi bahan bakar minyak yang dapat digunakan oleh para nelayan dan masyarakat untuk memastikan pengelolaan sampah yang sirkular.

Dalam event ini, Chandra Asri memberikan edukasi kepada para peserta dan publik mengenai pentingnya memilah sampah untuk mewujudkan #IndonesiaAsri sebagai bagian terpenting dalam proses ekonomi sirkular.

Edukasi tersebut dilakukan melalui penyediaan 20 tempat sampah terpilah di sepanjang area pameran (race expo), kegiatan games edukatif pilah sampah & lainnya, pameran hasil olahan sampah plastik di booth Chandra Asri pada 19—22 Oktober. Aserta penyelenggaraan “Aksi Asri Operasi Semut” yang melibatkan puluhan volunteer di pre-event pada 8 Oktober dan main event pada 22 Oktober. 

"Dengan mendukung Sustainability yang menjadi salah satu pilar ajang lari bertaraf internasional ini, Chandra Asri memastikan venue race expo di Jakarta Marathon 2023 bersih dari sampah dan masyarakat mendapatkan edukasi mengenai pentingnya pemilahan sampah sebagai kunci dari sirkular ekonomi," kata Chrysanthi.

Head of Corporate Communication Chandra Asri, Chrysanthi Tarigan di ajang Jakarta Marathon 2023, Sabtu (21/10). (GATRA/Dok BBI)

Selain tempat sampah terpilah yang menjadi bentuk edukasi, Chandra Asri juga menyediakan Chandra Asri dan Indonesia Asri experience booth yang sukses menarik minat para peserta dan masyarakat dengan total pengunjung sebanyak 1.038 orang selama 4 hari.

"Pengunjung belajar mengenai pilah sampah dengan cara yang menyenangkan di booth kami. Kami berharap kebiasaan pilah sampah tersebut dapat diterapkan di rumah demi mendukung terwujudunya #IndonesiaAsri,” jelas Chrysanthi.

Selama event ini berlangsung, Chandra Asri menyediakan tempat sampah terpilah dengan empat kategori, yakni sampah plastik, kertas, organik, dan lainnya untuk membiasakan masyarakat dalam pemilahan sampah. Chandra Asri juga mendirikan booth Indonesia Asri dimana pengunjung dapat mengikuti games “Pilah & Tukar Sampahmu!”.

Baca juga: Jakarta Marathon 2023 Bakal Digelar, Didukung Le Minerale, Ajak Masyarakat Berlari

Dalam games ini, pengunjung yang memilah sampah dan memasukannya sesuai dengan jenisnya akan berkesempatan memperoleh hadiah menarik. Ada beberapa games lainnya terkait dengan sustainability yang dapat dimainkan pengunjung booth.

Selain itu, para pengunjung juga dapat belajar tentang produk-produk yang bisa dihasilkan dari sampah plasik low-value dengan adanya pameran ragam hasil olahan sampah plastik, seperti, Aspal Plastik, BBM Plas, dan lainnya.

“Kesuksesan ajang Jakarta Marathon ini ditandai dengan keseriusan pihak penyelenggara untuk bermitra dengan partner yang tepat dan kami bangga dapat menjadi bagian dari ajang lari bertaraf internasional ini,” tutup Chrysanthi.

76