Home Pendidikan Duh! Warganet Riuh Cuit Dukung Program Kampus Merdeka, Apa Kelebihannya?

Duh! Warganet Riuh Cuit Dukung Program Kampus Merdeka, Apa Kelebihannya?

Jakarta, Gatra.com – Warganet di platform X (dulu Twitter) kembali ramai memberikan apresiasi dukungan terhadap kebijakan kampus merdeka yang diinisiasi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

Hal itu sekaligus menepis tudingan akun @andrifiadam yang menganggap Nadiem telah menghancurkan ekosistem kampus dan hanya menciptakan pesuruh perusahaan. Keriuhan warganet tersebut terpantau sejak Kamis hingga Jumat (18-19/1/2024).

Pemilik akun @kev_kag menilai bila kurikulum merdeka memberi solusi cepat membentuk keahlian manusia Indonesia sehingga mampu berdikari. Akun @kev_kag menyebut, sebanyak 7,86 juta orang menganggur akibat kesalahan memilih program studi sebelum munculnya kampus merdeka.

“Dosa Nadiem drmn? Yg nganggur udh 7,86 juta orang. Bnyk terjadi mismatch labor force, cth kyk yg salah jurusan. Adanya kurikulum Merdeka jd short-term solution upskilling scr cepat agar berdikari. Jd stop fasweswos kekirian kalau masih banyak org blm bisa menuhin basic needs,” dikutip dari akun @kev_kag, pada Minggu (21/1/2024).

Sedangkan akun @ureonureownkid berkomentar rasa beruntungnya dapat merasakan kuliah magang bersertifikat pada dua perusahaan ternama. Ia berpendapat bahwa setiap orang bebas ingin bekerja sesuai potensinya dan itu diberikan dari kampus merdeka.

“Bener banget, sebagai orang yg beruntung ngerasain MSIB 2x dan di tempat yang beda². Menurut gw ga ada salahnya, toh orientasi kerja orang beda². Ada yg memang minat di NGO, Private, Public dsb. Posisi yg ada di MSIB juga variatif banget. itu rata² yg salty kayanya iri sih,” dikutip dari akun @ureonureownkid.

Kemudian akun @apparentlyokay ikut menimpali, “Dulu lo semua blg lulusan pt indo ga siap kerja, skrg disiapin kerja jg salah.. gue bukan pro nadiem makarim apa gmn sih b aja tp kalo gue jd menteri i'm pulling my hair off my head if this is the rakyat i'm serving.”

“Ketika lo punya bisnis sendiri, lo akan nyadar kalau ada gap yang gede banget antara lulusan PTN Indo dan requirements dunia kerja. GEDE BANGET,” kata warganet X lainnya dengan akun @romeogadungan.

Akun X lainnya @CarloHenriqueee juga mengomentari positifnya kampus merdeka. Menurutnya, sejauh ini banyak mahasiswa yang menyukai magang dalam kampus merdeka, bahkan dirinya sendiri yang telah lulus kuliah.

“Salah satu gambaran bahwa kebijakan tuh gabisa ngeakomodir kemauan satu per satu kemauan orang. Banyak yg seneng kok sm magang merdeka, termasuk gue yg udh gak kuliah. Di komen juga banyak yg gak seneng UN dihapus. Halooooo kemana aja 10 taun kemaren org2 pada minta UN dihapus?” cuit @CarloHenriqueee.

Guna diketahui, kampus merdeka adalah bagian dari merdeka belajar episode dua kebijakan Kemendikbudristek. Melalui kampus merdeka, mahasiswa diberikan kesempatan mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan aktif langsung ke dunia kerja untuk persiapan karir.

Beberapa program kampus merdeka yang ditawarkan antara lain kampus mengajar, magang di perusahaan, proyek penelitian, wirausaha merdeka, praktisi mengajar, serta pertukaran mahasiswa.

69

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR