Home Pendidikan Gandeng SIM, UIC College Buka SIM Diploma in Management Studies

Gandeng SIM, UIC College Buka SIM Diploma in Management Studies

Jakarta, Gatra.com- Kesempatan untuk menimba ilmu di universitas-universitas bergengsi, seperti RMIT, University of London, dan University of Birmingham tidak lagi hanya impian bagi para siswa di Indonesia. Kini, mereka dapat meraih gelar sarjana dari universitas-universitas terkemuka dunia tersebut tanpa harus pergi jauh, dengan lokasi yang hanya berjarak kurang dari 2 jam dari Jakarta.

Dengan kerja sama antara UIC College dan Singapore Institute of Management (SIM) ini, impian tersebut kini menjadi kenyataan melalui SIM Diploma in Management Studies. Jurusan Diploma in Management Studies (DMS) dari SIM membuka kesempatan bagi lulusan SMA di Indonesia untuk mengejar pendidikan tinggi di UIC College PIK Campus, Jakarta.

Dalam kerja sama dengan UIC College, SIM menghadirkan program diploma in-house-nya di Indonesia, memungkinkan para siswa meraih gelar sarjana melalui universitas ternama di Singapura. SIM bermitra dengan lebih dari 10 Universitas terkemuka secara global, seperti RMIT dari Australia, University of London, University of Birmingham dari Inggris, dan University at Buffalo. Juga The State University of New York dari Amerika, menawarkan lebih dari 140 program akademik.

Baca juga: Ini Cara USG Education, Tumbuhkan Kewirausahaan Talenta Muda Indonesia

Presiden Direktur USG Education, Adhirama G. Tusin menegaskan bahwa program ini adalah solusi yang nyaman bagi siswa Indonesia beserta orang tua mereka. Dengan memilih program UIC - SIM GE, siswa akan dilengkapi dengan pondasi akademis yang konsisten antara Jakarta dan Singapura.

Hal ini akan mempersiapkan mereka untuk meraih kesuksesan global di masa depan melalui transisi yang lancar dengan universitas mitra ternama, jalur studi yang fleksibel, bimbingan karir, penempatan magang, dan kesempatan beasiswa. "Dengan membandingkan biaya kuliah dan biaya hidup secara keseluruhan, siswa dapat menghemat sekitar 30% jika memilih untuk mengikuti program ini dibandingkan dengan kuliah langsung di negara tujuan mereka," katanya di Jakarta, Jumat (1/3).

Country Manager SIM - GE di Indonesia, Mohamad Johan Azman menyebut, kemitraan dengan UIC College memungkinkan SIM GE membuka program diploma kepada masyarakat Indonesia dan memberikan kesempatan bagi pelajar untuk meraih gelar sarjana pilihan mereka di Singapura setelah lulus. UIC College adalah Pusat Pengajaran Luar Negeri SIM GE pertama di Indonesia.

"Program ini telah dirancang untuk menghubungkan para pelajar dengan berbagai program universitas terbaik di mancanegara, di mana SIM GE menjalin kerja sama dengan institusi pendidikan terkemuka dari destinasi pilihan  dan terkemuka dalam koneksi industri, kewirausahaan, dan inovasi," jelas Johan.

Baca juga: USG Education dan HIPMI Jakbar Kolaborasi Dorong Entrepreneurship

Antara lain, seperti RMIT di Australia, University of London di Inggris, University of Birmingham di Inggris serta  University at Buffalo, dan The State University of New York di Amerika Serikat. "Kami bertekad untuk terus memperluas jaringan kerjasama dengan mitra global yang memiliki visi dan misi sejalan," ujarnya lagi.

Melalui kolaborasi ini, para siswa di Indonesia memiliki kesempatan untuk mendapatkan gelar dari universitas – universitas tersebut. UIC College tidak hanya menjadi lembaga pendidikan biasa, tetapi juga pintu gerbang menuju peluang global yang tak terbatas.

Sebagai bagian dari program USG Education, UIC College menjadi pelopor dalam menyediakan program jalur persiapan dan transisi (pathway), yang memungkinkan siswa untuk memulai kuliah di tahun pertama atau kedua, lalu melanjutkan studi ke luar negeri untuk menyelesaikan gelar sarjana mereka di universitas pilihan.

Tidak heran jika program ini semakin diminati sebagai jalur bagi para siswa untuk melanjutkan studi mereka ke luar negeri. Dengan mengikuti program Pathway, para siswa akan mendapatkan minimal lima (5) manfaat, termasuk bimbingan untuk menyesuaikan diri dengan proses pembelajaran dan akademis, persiapan mental terhadap culture shock dan bahasa, pengembangan soft skill atau keahlian yang relevan dengan pilihan jurusan, memfasilitasi adaptasi yang lebih lancar, meningkatkan rasa percaya diri, mengurangi biaya kuliah, dan memberikan proses transfer yang mulus ke universitas-universitas terkemuka di dunia.

Baca juga: USG Education Kembangkan Program UIC College -SIM, Ini Lima Manfaat Pathway Program

Kerja sama antara UIC College dan SIM GE membuka peluang bagi siswa di Indonesia untuk meraih gelar sarjana Bisnis Manajemen dengan jalur studi yang fleksibel. Program ini memungkinkan siswa untuk memulai studi mereka di Jakarta dan kemudian menyelesaikannya di Singapura.

Mulai di Jakarta dan lulus di Singapura
Program ini dimulai dengan 15 bulan perkuliahan di Jakarta di salah satu kampus USG Education, yaitu Pantai Indah Kapuk Campus. Siswa akan mengikuti program Diploma in Management Studies (DMS) dan kemudian dapat melanjutkan proses studi dengan transisi mulus ke universitas bergengsi dunia di Singapura. Gelar sarjana dapat diraih dalam waktu 1,5 tahun (*sesuai pilihan jalur studi).

Berkat kerjasama antara UIC College dan SIM GE, para siswa di Indonesia dapat menempuh pendidikan berkualitas dengan biaya yang lebih terjangkau, dimana semuanya bisa dilakukan di negara yang hanya berjarak kurang dari 2 jam penerbangan dari Jakarta. Siswa dapat menikmati penghematan biaya yang signifikan, sebesar 340 juta per tahun dibandingkan belajar langsung di negara asli universitas-universitas tersebut.

USG Education Head of Pantai Indah Kapuk Campus, Yuvin Maharuddin menambahkan, Program Diploma in Management Studies (DMS) bertujuan untuk mempersiapkan para pemimpin dunia industri maupun dunia wirausaha yang inovatif. "Selain teori manajemen bisnis, siswa juga akan mendapatkan kesempatan untuk menerapkan ilmu yang diperoleh melalui studi kasus dan simulasi, sehingga memiliki bekal yg mumpuni dalam menghadapi berbagai isu nyata yg kerap muncul di dunia bisnis,” papar dia.

Ilmu Manajemen Bisnis memiliki aplikasi yang luas di berbagai sektor industri dan dapat diterapkan dalam berbagai posisi pekerjaan. Prospek karir bagi lulusan jurusan Manajemen Bisnis mencakup berbagai jenjang karir, seperti Business Analyst, Business Development, Marketing & Sales Executive dan peran manajerial lainnya. Dengan perkembangan industri yang terus berlanjut, jurusan ini juga menawarkan peluang besar bagi siswa yang tertarik untuk menjadi entrepreneur.

Hingga saat ini, SIM Global Education telah menarik perhatian 16.000 mahasiswa dari 50 negara. Lebih dari 182.000 pelajar telah menempuh pendidikan melalui SIM GE, dengan 30 persen dari populasi mahasiswa berasal dari mancanegara.

Baca juga: Dukung Ekosistem Dunia Kerja USG Education Kolaborasi dengan HIPMI

SIM Global Education, penyedia pendidikan tinggi global, telah ini meraih sertifikasi EduTrust Star pada tanggal 20 Agustus 2022. Sertifikasi ini diberikan kepada lembaga pendidikan swasta (PEI) di Singapura yang telah mencapai tingkat kinerja yang sangat baik dalam mengelola lembaga mereka dan menyediakan kualitas pendidikan yang luar biasa serta kesejahteraan bagi siswa.

Penghargaan EduTrust Star merupakan pengakuan atas prestasi luar biasa dalam bidang pekerjaannya dan merupakan penghargaan tertinggi dalam Skema Sertifikasi EduTrust yang dikelola oleh Committee for Private Education, bagian dari SkillsFuture Singapore.

USG Education berkomitmen untuk menjadikan pendidikan sebagai sarana utama dalam menciptakan sumber daya manusia yang kompetitif. Pendidikan memainkan peran yang penting dan strategis dalam pembangunan nasional. Noble Scholar adalah identitas USG Education yang mencerminkan wawasan yang luas, berakhlak dan berbudi pekerti luhur, serta peduli akan isu sosial.

191