Home Politik TBRC: Angka Keterpilihan Dendi Suryadi Teratas di Bursa Cabup Kukar

TBRC: Angka Keterpilihan Dendi Suryadi Teratas di Bursa Cabup Kukar

Jakarta, Gatra.com – Direktur Eksekutive Timur Barat Research Center (TBRC), Johanes Romeo, mengatakan, Dendi Suryadi menjadi tokoh dari Kutai Kartanegara (Kukar) yang menjadi top of mind di masyarakat dalam bursa kandidat calon bupati (Cabup) Kukar 2024.

Johanes pada Rabu (20/3), menyampaikan, ini merupakan hasil survei terbaru yang dirilis pihaknya jelang perhelatan Pemilihan Bupati (Pilbup) Kukar 2024. Angka top of mind Dendi di posisi teratas, yakni 29,8%.

Selanjutnya, Bupati Kukar Edi Damansyah sebesar 12,2%, Ketua DPRD Kabupaten Kukar Abdul Rasid 9,2%, Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Seno Aji 8,4%, Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin 8,1%, dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kukar Alif Turiadi 5,6%.

Sedangkan 5,3% lainnya, lanjut Johanes, adalah beberapa nama tokoh Kukar lainnya dan sejumlah 21,4% responden tidak memberikan pilihan atas pertayaan jika pilbup digelar hari ini.

Johanes melanjutkan, begitupun mengunakan pertanyaan tertutup, yakni jika pilkada Kukar digelar hari ini dengan disodorkan nama-nama bakal calon bupati (Cabup) Kukar, angka keterpilihan (elektabilitas) Dendi Suryadi juga bertengger di posisi teratas.

“Dendi Suryadi dipilih sebanyak 36,2%, di urutan kedua, Rendi Solihin 12,2%, selanjutnya Abdul Rasid 9,3%, Seno Aji 8,1%, Maslianawati Edi Darmansyah 6,1%,” katanya.

Urutan selanjutnya, Hasanuddin Mas'ud 5,4%, Alif Turiadi 3,4%, Muhammad Syahrun 2,1%, Ali Hamdi 1,9%, Awang Yacoub Luthman 1,6 %, dan sisanya sebanyak 13,7% tidak memilih.

Adapun untuk tingkat penerimaan (akseptabilitas) masyarakat Kabupaten Kukar terhadap Dendi Suryadi, tokoh daerah setempat yang berkarier di dunia militer dan putra daerah Kukar pertama yang menyandang jenderal bintang satu, sangat tinggi, yakni 86,7%.

Urutan selanjutnya adalah ?Rendi Solihin 78,1%, Seno Aji 77,3%, Abdul Rasid 70,2%, Alif Turiadi 67,8%, Maslianawati Edi Damansyah 66,7%, Hasanuddin Mas'ud 5,4%, Alif Turiadi 44,2%, Muhammad Syahrun 42,4%, Ali Hamdi 30,4%, dan Awang Yacoub Luthman 30,1%.

Johanes menjelaskan, mantan Danrem di Korem 091/Aji Surya Natakesuma itu selalu bertengger di posisi teratas karena memiliki kemampuan komunikasi sosial dengan berbagai masyarakat dari berbagai kalangan selama Brigjen Dendi Suryadi bertugas di Kaltim sebagai Danrem serta Dandim Kukar.

Menurutnya, hal itu membuat penerimaan dan kesukaan masyarakat Kukarsangat tinggi pada Dendi Suryadi apalagi dia dikenal begitu humble, ramah, dan mau berbaur dengan siapa saja, kata 80,9% responden yang menjadi objek survei.

“Ada hubungan yang simetris antara tingkat akseptabilitas masyarakat terhadap Dendi Suryadi dengan tingkat elektabilitas Dendi,” ujarnya.

Johanes menyampaikan, TBRC melakukan survei dengan metode multistage random sampling dengan responden 1.225 orang yang tersebar di 18 kecamatan, 44 kelurahan, dan 110 desa.? Survei dilakukan pada 5 Maret–15 Maret 2024.

“Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner dan margin of error kurang lebih 2,8%,” katanya.

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogjakarta, Ludiro Madu, menyampaikan, ?elektabilitas Dendi karena masyarakat Kukar mengenalnya. Ini karena dia dekat dengan masyarakat dan mau menjadi bagian dari masyarakat.

Menilik hasil survei tersebut, lanjut dia, Dendi Suryadi memiliki peluang besar menjadi bupati Kukar karena Dendi Suryadi lebih banyak didukung masyarakat Kukar.

“Kalau peluang besar untuk terpilih sebagai bupati Kukar karena adanya dukungan masyarakat yang begitu besar,” katanya.

31