Home Gaya Hidup Bantuan Renovasi Rumah Tak Layak Huni Digencarkan Selama Ramadan

Bantuan Renovasi Rumah Tak Layak Huni Digencarkan Selama Ramadan

Jakarta, Gatra.com - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggencarkan renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bagi mustahik di wilayah Jabodetabek selama bulan Ramadan 1445 H.

Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan menyampaikan bahwa renovasi rumah tidak layak huni yang dilakukan BAZNAS menyasar pada rumah milik kaum dhuafa yang kondisinya mengkhawatirkan dan mengalami berbagai kerusakan.

“Pada awal Ramadan ini, BAZNAS melakukan perbaikan terhadap lima rumah mustahik yang kondisi rumahnya tidak layak untuk ditempati. Salah satunya rumah milik Nenek Saanah di daerah Kreo. Ia sulit memiliki rumah layak dengan kondisi ekonomi yang terbatas. Terlebih rumahnya telah mengalami kebakaran,” ujar Saidah dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (21/3).

Selain rumah nenek Saanah, BAZNAS juga merenovasi rumah Ibu Karlina, Ibu Desi, Bapak Muhyar dan Bapak Saepudin. Semua penerima manfaat tersebut berada di wilayah Kota Tangerang, Banten, dan masih banyak lagi mustahik yang akan mendapat bantuan renovasi rumah.

"Saat ini rumah mereka sedang diperbaiki agar layak untuk dihuni. Semoga program ini dapat  membantu para mustahik akan kebutuhan dasar tempat tinggal layak huni yang aman dan nyaman," jelasnya.

Menurut Saidah, renovasi rumah layak huni ini merupakan salah satu program dari 22 program unggulan BAZNAS selama Ramadan 1445 Hijriyah. Dan secara keseluruhan di bulan Ramadan ini, BAZNAS akan melakukan perbaikan terhadap 30 rumah tidak layak huni yang tersebar di 7 Kabupaten/Kota di wilayah Jabodetabek.

Saidah menjelaskan, BAZNAS tidak hanya fokus dalam penghimpunan, tetapi juga terus berupaya menciptakan pendistribusian zakat secara berkualitas dan tepat sasaran.

Ia berharap program-program yang dihadirkan BAZNAS dapat membantu para mustahik atau penerima manfaat di seluruh Indonesia, terutama di bulan Ramadan ini.

44