Home Politik Sekda Labura Bakal Jadi Rival Politik Terberat Surya Taufik

Sekda Labura Bakal Jadi Rival Politik Terberat Surya Taufik

Asahan, Gatra.com - Nama-nama calon kandidat bakal calon Bupati Asahan dalam Pilkada Serentak 2024 mulai bermunculan. Salah satunya adalah Sekda Kabupaten Labura, Sumatera Utara, Muhammad Suib Sp.d, MM. 

Nama pejabat ini muncul dan mulai digadang-gadang untuk dimajukan sebagai salah satu bakal calon Bupati Asahan dalam Pilkada Serentak Tahun 2024. Di sejumlah paltform media sosial, nama Suib mulai digelontorkan oleh sejumlah tokoh muda untuk menjadi bakal kandidat Bupati Asahan.

Mencuatnya nama Sekdakab Labura tersebut sebagai salah satu bakal kandidat Balon Bupati Asahan langsung memantik perhatian banyak pihak, di antaranya dari Ketua Partai NasDem Asahan.

Ketua Partai Nasdem Kabupaten Asahan, AKBP (P) Rachmad Affandi, menilai Sekdakab Labura itu bakal menjadi saingan terberat untuk pasangan Surya-Taufik jika bupati dan wakil bupati Asahan tersebut akan tetap maju untuk kedua kalinya dalam Pilkada Asahan Tahun 2024. 

"Tingkat popularitas beliau cukup tinggi. Karena beliau itu sosok yang  dekat dengan masyarakat di tingkat semua golongan," kata Rachmad. 

Muhammad Suib dinilai akan menjadi saingan berat dari Surya-Taufik jika sama-sama maju dalam  Pilkada 2024. Karena selain sama-sama putera daerah, juga sama-sama berkarier dari bawah sebagai PNS di kabupaten Asahan. Apalagi  Muhammad Suib tidak pernah meninggalkan cacat sebagai pejabat di Kabupaten Asahan hingga berhijrah sebagai  Sekdakab di kabupaten Labura. 

Sekdakab Labura ini dinilai punya kedekatan dengan masyarakat cukup tinggi. Muhammad Suib selain seorang birokrat namun juga seorang budayawan. Dia aktif dalam  memajukan kegiatan seni berpantun sebagai salah satu seni budaya daerah lokal. Bahkan sejak sebagai PNS dia menjadi satu-satunya PNS yang diandalkan pemerintah daerah dalam event-event penting untuk mempertontonkan budaya kearifan lokal itu. 

"Itu membuat beliau menjadi sangat di kenal oleh masyarakat. Dari kaca mata politis ini menjadi nilai popularitas untuk menjadi modal awal beliau untuk dimajukan bertarung dalam Pilkada 2024," sebutnya. 

 Mantan Waka Polres Samosir itu sepakat jika Sekda Labura itu digaungkan sebagai salah satu kandidat. Suib, menurutnya, sangat bersahaja. Meski sudah menjadi Sekda, tetap tinggal di Asahan, dan setiap pulang kampung di akhir pekan selalu menyempatkan waktu  untuk nongrong di kedai kopi, ngobrol santai dengan banyak kalangan. 

"Ini dilakukannya sejak dari dulu bahkan jauh sebelum beliau jadi Sekda. Sampai-sampai banyak  teman-teman ngopinya tidak tahu jika beliau adalah seorang Sekda," ungkap Rachmad. 

Dari data yang dihimpun Gatra.com, H. Muhammad Suib, SPd., MM., dilantik sebagai Sekretaris Daerah Pemkab Labuhan Batu Utara pada 4 Agustus Tahun 2021 oleh Bupati Labura, Handriyanto Sitorus, S.E., MM. Sebelumnya, dia menjabat Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Labura. Namun sebelumnya Muhammad Suib pernah didapuk sejumlah jabatan di pemkab Asahan, Sumatera Utara. 

547

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR