Home Lingkungan KJA: Penghargaan Subroto 2023 Motivasi Tingkatkan Kinerja Pengelolaan Lingkungan

KJA: Penghargaan Subroto 2023 Motivasi Tingkatkan Kinerja Pengelolaan Lingkungan

Jakarta, Gatra.com – Direktur Utama (Dirut) PT Kideco Jaya Agung (PT KJA), M. Kurnia Ariawan, mengatakan, beberapa Penghargaan Subroto 2023 dari Kementerian ESDM memotivasi pihaknya untuk terus meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup dalam kegiatan operasional bisnis.

“Tentunya ini menjadi semangat baru dan tanggung jawab untuk terus meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup di dalam kegiatan operasional bisnis kami,” kata Muhamad Kurniawan dalam keterangan pada Senin (2/10).

Ia menyampaikan, pihaknya selalu mengedepankan keberlanjutan bisnis dan berkomitmen untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat dan lingkungan sekitar.

“Kideco mengedepankan keberlanjutan bisnis dan terus memberikan dampak positif secara nyata kepada masyarakat dan lingkungan melalui program-program ESG (Environment, Social, Governance) yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Atas nama perusahaan, Muhamad Kurniawan menyampaikan terima kasih kepada Kementerian ESDM yang telah mengapresiasi kinerja pihaknya dengan sejumlah penghargaan Penghargaan Subroto 2023 dalam beberapa kategori.

Ia mengungkapkan, PT Kideco Jaya Agung menerima sejumlah penghargaan, salah satunya adalah penghargaan Inovasi Penyediaan, Pembangunan, dan Pengelolaan Fasilitas Pembibitan/Persemaian (Nursery) Pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Plt. Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Kementerian ESDM, Bambang Suswantono, kepada Dirut PT Kideco Jaya Agung, Muhamad Kurnia Ariawan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian ESDM atas penghargaan yang diberikan kepada kami,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, menyampaikan, situasi energi di Indonesia sangat dipengaruhi dinamika global, antara lain konflik geopolitik dan kondisi perubahan iklim akibat pemanasan global.

“Pelaksanaan transisi energi semakin penting dan perlu dipercepat untuk mencapai target net zero emission pada tahun 2060,” ujar Arifin Tasrif dalam acara Penganugerahan Penghargaan Subroto 2023 di Jakarta pada akhir pekan kemarin.

Kementerian ESDM mengapresiasi pelaku di industri energi yang bisa menjawab permasalahan tersebut. Salah satunya melalui Penganugerahan Penghargaan Subroto 2023.

Arifin Tasrif menjelaskan bahwa Penghargaan Subroto merupakan penghargaan tertinggi kepada para pemangku kepentingan yang telah melakukan kinerja terbaik dalam memajukan sektor energi dan sumber daya mineral di Indonesia dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, menyampaikan bahwa pada ajang Penghargaan Subroto tahun ini, pihaknya memberikan penghargaan kepada 62 pemenang dari 14 bidang yang diusulkan oleh delapan unit eselon satu di lingkungan Kementerian ESDM. Jumlah bidang penghargaan ini meningkat dari tahun lalu yang sebanyak 13 bidang penghargaan untuk 66 pemenang.

“Hal ini memberikan kesempatan lebih untuk penggiat sektor energi untuk terus memberikan kontribusi nyata dalam mengembangkan dan memajukan sektor ESDM ke depannya,” kata Dadan.

89