Home Pemilu 2024 KPU Persiapkan Diri Hadapi Sengketa Pemilu 2024 di MK

KPU Persiapkan Diri Hadapi Sengketa Pemilu 2024 di MK

Jakarta, Gatra.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan hasil Pemilu 2024. KPU akan mempersiapkan diri untuk menghadapi adanya potensi sengketa Pemilu 2024.

"Dengan begitu KPU terhitung sejak tadi penetapan hasil pemilu nasional secara nasional tanggal 20 Maret 2024, jam 22.19 WIB tadi, maka sejak saat itu 3 kali 24 jam peserta pemilu yang akan mengajukan komplain keberatan atau sengketa terhadap hasil pemilu, terhitung sejak itu mulai mendaftarkan diri ke MK," ujar Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari di kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (20/3).

Hasyim memahami jika ada catatan-catatan yang diberikan oleh peserta pemilu kepada KPU. Hasyim menilai catatan-catatan itu pun berpotensi untuk dibawa ke MK.

"Kita memahami di semua tingkatan rekapitulasi termasuk di tingkat nasional ada peserta pemilu yang menyampaikan catatan-catatan, menyampaikan kritik, dan juga menyampaikan catatan keberatan terhadap hasil pemilu yang bisa jadi itu menjadi bagian dari berpotensi untuk dilakukan sengketa hasil pemilu ke Mahkamah Konstitusi," ungkapnya.

Hasyim menuturkan, pihaknya akan mempersiapkan diri jika terdapat sengketa Pemilu. Hal itu, kata dia, sebagai bentuk pertanggungjawaban KPU.

"Maka kami juga harus mempersiapkan segala sesuatunya berbagai macam potensi sengketa yang akan dibawa ke Mahkamah Konstitusi, sebagai bentuk pertanggungjawaban KPU dalam menyelenggarakan pemilu 2024 ini," ungkapnya.

Nantinya, kata dia, KPU akan menunggu terlebih dulu sengketa yang teregister oleh MK. Dia menyebut hal itu menjadi dasar bagi KPU untuk menentukan langkah ke depan.

Lebih lanjut, Hasyim menuturkan penetapan kursi anggota legislatif harus menunggu putusan MK terlebih dulu. Menurutnya, bila belum ada putusan MK, maka tahapan lainnya belum dapat dilaksanakan.

"Jadi harus menunggu konfirmasi positif bahwa hasil pemilu itu mendapatkan pengakuan, hasil pemilu dalam arti suara ya, itu yang menjadi dasar untuk melakukan konversi pada tahap berikutnya menjadi perolehan kursi dan calon terpilih," tuturnya.

Sebelumnya, KPU telah menyelesaikan rekapitulasi perolehan suara Pilpres 2024. Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi pemenang Pilpres 2024.

Hasil rekapitulasi KPU secara nasional ini terdiri atas perolehan suara di 38 provinsi dan 128 panitia pemilihan luar negeri (PPLN). Hasil Pilpres tersebut ditetapkan dalam Keputusan KPU.

Berikut perolehan suara nasional Pilpres 2024:

Anies-Cak Imin: 40.971.906 suara

Prabowo-Gibran: 96.214.691 suara

Ganjar-Mahfud: 27.040.878 suara

Pasangan Prabowo-Gibran unggul di 36 provinsi. Sedangkan pasangan Anies-Cak Imin unggul di 2 provinsi lainnya.

83