Home Internasional Bertemu dengan Ismail Haniyeh, Erdogan Minta Palestina Bersatu

Bertemu dengan Ismail Haniyeh, Erdogan Minta Palestina Bersatu

Istanbul, Gatra.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendesak warga Palestina untuk bersatu, di tengah perang Israel di Gaza setelah pembicaraan selama berjam-jam dengan ketua Hamas Ismail Haniyeh di Istanbul pada hari Sabtu.

Dikutip AFP Sabtu (20/4), Erdogan telah berusaha namun gagal untuk mendapatkan pijakan sebagai mediator dalam konflik Gaza, yang telah mengguncang Timur Tengah sejak 7 Oktober.

Ketegangan di wilayah tersebut semakin tinggi ketika wilayah Palestina yang dikuasai Hamas, bersiap menghadapi serangan baru Israel dan dilaporkan adanya serangan Israel terhadap Iran.

Erdogan meminta warga Palestina untuk bersatu setelah pembicaraan di istana Dolmabahce, di tepi selat Bosphorus, yang menurut laporan media Turki berlangsung lebih dari dua setengah jam.

“Sangat penting bagi warga Palestina untuk bertindak dengan kesatuan dalam proses ini. Respon terkuat terhadap Israel dan jalan menuju kemenangan terletak pada persatuan dan integritas,” kata Erdogan, menurut pernyataan kepresidenan Turki.

Hamas, yang ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh Amerika Serikat, Uni Eropa dan Israel, adalah saingan faksi Fatah yang memerintah Otoritas semi-otonom Palestina di Tepi Barat yang diduduki.

Ketika ketegangan yang meningkat antara Iran dan Israel memicu ketakutan akan perang regional yang lebih luas, Erdogan mengatakan kejadian baru-baru ini tidak boleh membiarkan Israel mendapatkan kekuatan dan penting untuk bertindak, dengan cara yang tetap memperhatikan Gaza.

Hubungan dekat dengan Haniyeh

Ketika Qatar mengatakan akan menilai kembali perannya sebagai mediator antara Hamas dan Israel, Erdogan mengirim Menteri Luar Negeri Hakan Fidan ke Doha pada hari Rabu, sebagai tanda baru bahwa ia menginginkan peran tersebut.

“Bahkan jika hanya saya, Tayyip Erdogan, yang bertahan, saya akan terus melanjutkannya selama Tuhan memberikan hidup saya, untuk membela perjuangan Palestina dan menjadi suara rakyat Palestina yang tertindas,” kata presiden pada hari Rabu, ketika ia mengumumkan kunjungan Haniyeh.

Hamas memiliki kantor di Turki sejak 2011, ketika Turki membantu mengamankan perjanjian bagi kelompok tersebut untuk membebaskan tentara Israel Gilad Shalit. Erdogan memelihara hubungan dengan Haniyeh, yang sering berkunjung.

Menurut Sinan Ciddi, pakar Turki di Yayasan Pertahanan Demokrasi di Washington, Fidan adalah mantan kepala intelijen Turki dan negara tersebut memberikan informasi dan paspor kepada pejabat Hamas, termasuk Haniyeh. Namun hal ini tidak pernah dikonfirmasi oleh pihak berwenang Turki.

Erdogan mengecam Israel

Jika Qatar menarik diri dari upaya mediasi, Turki dapat berupaya meningkatkan profil mediasinya berdasarkan hubungan dengan Hamas.

Fidan pada hari Sabtu mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Mesir, Sameh Shoukry yang sedang berkunjung, dan keduanya menekankan perlunya memberikan lebih banyak bantuan kemanusiaan ke Gaza yang hancur dimana ancaman kelaparan mengancam.

Turki adalah salah satu mitra bantuan kemanusiaan utama di Gaza, mengirimkan 45.000 ton pasokan dan obat-obatan ke wilayah tersebut.

Israel mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan serangan terhadap kota Rafah di Gaza dan laporan serangan Israel di provinsi Isfahan di Iran, menyusul serangan langsung Iran terhadap Israel, hanya mengaburkan harapan akan adanya terobosan perdamaian.

Namun Erdogan hanya bisa mengharapkan peran yang “sangat terbatas” karena kecaman terang-terangannya terhadap Israel dan tindakannya di Gaza, sebagaimana dikatakan Ciddi.

Tahun lalu, pemimpin Turki tersebut menyamakan taktik Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dengan taktik pemimpin Nazi Adolf Hitler, dan menyebut Israel sebagai “negara teroris” karena serangannya terhadap Hamas setelah serangan kelompok militan tersebut terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober.

Ciddi mengatakan Erdogan tidak akan diterima di Israel dan mungkin bisa menyampaikan pesan antara perunding Palestina dan Israel.

Serangan Hamas yang belum pernah terjadi sebelumnya yang memicu perang Gaza mengakibatkan kematian 1.170 orang di Israel selatan, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP atas angka resmi Israel.

Militan juga menyandera sekitar 250 orang. Israel memperkirakan 129 orang masih berada di Gaza, termasuk 34 orang yang diperkirakan tewas.

Serangan balasan Israel telah menewaskan lebih dari 34.000 orang di Gaza, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan wilayah tersebut.

14