Home Ekonomi BI: Kinerja Industri Pengolahan Naik Menjadi 52,80% pada Kuartal I-2024

BI: Kinerja Industri Pengolahan Naik Menjadi 52,80% pada Kuartal I-2024

Jakarta, Gatra.com - Bank Indonesia (BI) melaporkan, Kinerja Lapangan Usaha (LU) Industri Pengolahan pada kuartal I-2024 meningkat dan berada pada fase ekspansi. Hal tersebut tecermin dari PMI-BI kuartal I-2024 sebesar 52,80%, lebih tinggi dari 51,20% pada kuartal sebelumnya.

Berdasarkan komponen pembentuk Prompt Manufacturing Index Bank Indonesia (PMI-BI) sebagian besar komponen meningkat dan melanjutkan fase ekspansi, dengan indeks tertinggi pada Volume Persediaan Barang Jadi, diikuti Volume Total Pesanan dan Volume Produksi.

“Berdasarkan Sublapangan Usaha (Sub-LU), mayoritas Sub-LU masih berada pada fase ekspansi, dengan indeks tertinggi pada Industri Pengolahan Tembakau, diikuti Industri Tekstil dan Pakaian Jadi, serta Industri Logam Dasar,” jelas Asisten Gubernur Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, Senin (22/4).

Perkembangan PMI-BI tersebut sejalan dengan perkembangan kegiatan LU Industri Pengolahan hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) BI yang juga berada pada fase ekspansi, dengan nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 1,71%.

Pada kuartal II-2024, kinerja LU Industri Pengolahan diprakirakan terus melanjutkan peningkatan tecermin dari PMI-BI yang tercatat sebesar 54,31%. Berdasarkan komponen pembentuknya, seluruh komponen diprakirakan berada pada fase ekspansi dengan indeks tertinggi terjadi pada komponen Volume Persediaan Barang Jadi, Volume Produksi, dan Volume Total Pesanan.

Seluruh Sub-LU juga diprakirakan berada pada fase ekspansi, dengan indeks tertinggi pada Industri Kulit, Barang dari Kulit, dan Alas Kaki, diikuti oleh Industri Pengolahan Tembakau, serta Industri Mesin dan Perlengkapan.

12

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR