Home Ekonomi Ini Resep dari Mantan Wapres Boediono, agar Indonesia Maju

Ini Resep dari Mantan Wapres Boediono, agar Indonesia Maju

Jakarta, Gatra.com - Negara Asia Timur seperti Jepang, Singapura, dan Tiongkok sudah secara umum dianggap sebagai negara dengan perkembangan ekonomi yang sangat pesat. Sebagai pembelajaran, mantan Wakil Presiden RI periode 2009-2014, Boediono mengatakan Indonesia perlu membenahi 3 hal agar bisa dapat jadi negara maju.

"Yang pertama adalah pendidikan. Kesinambungan ilmu dan semangat belajar merupakan hal-hal krusial bagi negara," ucapnya ketika menghadiri acara peringatan jasa ekonom senior Indonesia Thee Kian Wie di Auditorium LIPI, Jakarta Selatan, Selasa (30/4).

Selain di sektor pendidikan, Boediono juga mengatakan hal kedua yang harus difokus oleh negara untuk dibenahi adalah masalah birokrasi dan Sumber Daya Manusia (SDM). Rasa akan ketertiban akan peraturan juga sangat penting.

Kemudian yang ketiga adalah infrastruktur. Boediono mengatakan bagaimanapun negara yang stabil ekonominya dilihat dari kualitas infrastruktur yang dimilikinya. Sebagai penutup, Boediono juga mengatakan regenerasi juga menjadi kunci pembangunan.

"Bangsa itu seperti aliran sungai, ada yang mau ke muara, ada yang baru mengalir. Kita harus ingat untuk membangun kualitas keturunan kita, jangan fokus pada generasi kita saja," tutupnya.

589