Home Gaya Hidup Dari Garasi, Mural Bansky Pindah ke Galeri Kota Welsh

Dari Garasi, Mural Bansky Pindah ke Galeri Kota Welsh

London, Gatra.com - Sebuah lukisan dinding oleh seniman Banksy yang menggambarkan seorang anak yang menikmati salju, tetapi sebenarnya adalah abu dari tempat pembakaran terdekat, telah dipindahkan dari garasi ke museum seni jalanan di kota Welsh, Port Talbot.

Pemilik galeri Inggris John Brandler membeli karya berjudul ‘Season’s Greetings’ pada Januari dari seniman jalanan yang dikenal sulit dipahami, setelah karya itu muncul di dinding garasi beton di Wales sebelum hari Natal.

Di satu sisi, karya tersebut menunjukkan seorang anak muda terbungkus pakaian musim dingin, lengannya terentang berusaha menangkap sesuatu seperti kepingan salju dengan lidahnya. Tetapi ketika dilihat dari sudut yang lain, lukisan dinding menunjukkan bahwa ‘salju’ yang jatuh sebenarnya adalah abu dari api di tempat sampah industri.

Tayangan televisi menunjukkan sebuah crane mengangkat pekerjaan terbungkus ke sebuah truk yang kemudian perlahan membawanya ke sebuah bangunan di Port Talbot, yang memiliki salah satu pabrik baja terbesar di dunia. Brandler mengatakan dia bertujuan untuk mengubah tempat itu menjadi museum internasional untuk seni jalanan.

"Saya melihat video mereka memindahkan replika tembok, begitu saya melihat bahwa saya santai," kata Brandler kepada BBC Television sebelum mural itu dipindahkan.

Video yang dibagikan di media sosial menunjukkan mural dengan selamat tiba di gedung dan dibuka. Brandler yang tersenyum memberi tanda jempol sebelum menyatakan, "Kami sudah melakukannya, itu bagus”.

Brandler sebelumnya mengatakan kepada Reuters bahwa ia meminjamkan mural Banksy ke Port Talbot untuk minimal dua atau tiga tahun, dengan tujuan menggunakannya sebagai pusat hubungan seni yang akan membawa seniman terkenal internasional ke kota.

Banksy, yang merahasiakan identitasnya, dikenal karena seni jalanannya yang bermuatan politis dan menyentil yang menghiasi dinding di berbagai kota.

431