Home Olahraga Federasi Atletik Internasional Memperkenalkan Logo Baru

Federasi Atletik Internasional Memperkenalkan Logo Baru

Monaco, Gatra.com - Federasi Atletik Internasional atau International Association of Athletics Federations (IAAF) memperkenalkan logo barunya. Dewan IAAF menyetujui nama dan logo baru tersebut pada Rapat Dewan IAAF ke-217 yang berakhir 8 Juni 2019 lalu di Monaco.

Demikian dikutip dari laman IAAF, Senin (10/6). Nama baru pada logo itu yang tertulis, 'World Athletics, didasarkan atas agenda restrukturisasi dan tata kelola organisasi selama empat tahun terakhir untuk mewakili wajah modern, lebih kreatif dan lebih positif untuk olahraga atletik.

Dewan pun setuju, logo ini dibuat untuk membuat olahraga lebih mudah diakses oleh audiens yang lebih luas sambil memberi kesempatan kepada federasi untuk lebih jelas mengomunikasikan misinya bahwa atletik merupakan olahraga paling partisipatif di dunia.

"Harapannya adalah bahwa logo baru kami akan membantu menarik dan melibatkan generasi muda ke atletik. Kami telah menciptakan logo di era digital ini namun tetap mencerminkan perubahan alam. dari olahraga. Dan pada saat yang sama, kami tetap fokus ke para atlet, para pahlawan olahraga kami," kata Presiden IAAF Sebastian Coe.

CEO IAAF Jon Ridgeon menambahkan, nama IAAF telah ada selama lebih dari 100 tahun, tetapi memiliki sedikit relevansi dengan mereka yang berada di luar atletik. "Identitas baru ini akan menciptakan simbol yang dapat berdiri sendiri dan bekerja sama dengan para mitra dan event apa pun," tutur Jon.

Logo baru ini akan mulai diluncurkan pada Oktober mendatang usai Kejuaraan Atletik Dunia IAAF Doha 2019 setelah persetujuan Kongres atas perubahan nama resmi Federasi.

Desain logo terdiri dari tiga elemen utama: 'W' dari kata World, yang merupakan simbol dari lengan atlet yang diangkat dalam kemenangan; 'A' dari kata Athletics, yang mewakili fokus atlet saat mereka bersiap ke depan; dan busur keduanya untuk mewakili seluruh komunitas atletik.

Logo ini juga mencakup trek lari yang mengarah ke atas, melambangkan keinginan untuk terus mendorong melampaui batas. Pola-pola itu menangkap energi yang ada dalam keempat disiplin kelompok atletik: berlari, melompat, melempar, dan berjalan.

Adapun proses rebranding sudah dimulai pada Januari 2018 ketika IAAF mengundang lima agensi merek dan pemasaran global untuk menanggapi konsep rebrand tersebut. Dari situ, tim internal memilih daftar pendek, yang kemudian menjalani proses konsultasi di mana Anggota Federasi, mitra, atlet, dan media penyiaran memberikan feedback sebelum versi final disampaikan kepada Dewan IAAF.

3252