Home Internasional Menlu Iran Tuding AS Melakukan Rencana Sabotase terhadap Teheran

Menlu Iran Tuding AS Melakukan Rencana Sabotase terhadap Teheran

Teheran, Gatra.com - Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif telah menduga tudingan Washington akibat serangan terhadap dua kapal tanker minyak di Teluk Oman. Ia berasumsi Amerika Serikat memiliki rencana sabotase terhadap Iran.

Selanjutnya, Mohammad Javad Zarif mengklaim AS menuduh Iran tanpa bukti faktual. Sehingga Trump mencoreng Teheran dalam kancah internasional. Menurutnya ini merupakan legitimasi sepihak yang dilakukan Washington.

"Saya memperingatkan persis skenario ini beberapa bulan yang lalu. Bukan karena saya peramal, tetapi karena saya mengenali dari mana rencana itu berasal," ujar Zarif dilansir dari Russia Today pada Jumat (14/6).

Ia memperingatkan warga Teheran terhadap rencana “Diplomasi Sabotase”. Menteri Luar Negeri Iran mengatakan Trump melakukan hal tersebut guna menutupi kasusnya terhadap Iran.

Sebelumnya, Iran menyelamatkan 44 pelaut dari dua kapal tanker, “Alt Front Altair” dan “Kokuka Courageous” setelah kapal diserang orang tidak dikenal pada Kamis (13/6). Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo malah menyalahkan Iran atas insiden tersebut.

125