Home Kesehatan BPOM Ikut Selidiki KLB Hepatitis A di Pacitan

BPOM Ikut Selidiki KLB Hepatitis A di Pacitan

Jakarta, Gatra.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) akan turun tangan atas kejadian luar biasa (KLB) Hepatitis A di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dilaporkan sudah lebih dari 700 orang terjangkit virus ini. 

Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan beredar kabar Hepatitis A menyebar akibat pengelolaan pangan yang kurang baik. Sehingga BPOM merasa perlu melakukan penyelidikan. 

"Saya tentunya akan meminta laporan dari Balai Besar POM Jawa Timur. Meskipun, tetap ada badan kementerian lain yang ikut berperan. Kami segera mencari informasi dan menindaklanjuti kasus ini," kata Penny kepada wartawan di area Car Free Day (CFD) FX Sudirman, Jakarta, Minggu (30/6).

Tak hanya pangan, BPOM akan meneliti kondisi air yang digunakan warga Pacitan. Keduanya dicurgai sebagai media penyebaran virus Hepatitis A.  

"Kami pastikan BPOM akan turun ke lapangan untuk meninjau lagi penyebab makanan dan minuman yang menyebarkan virus tersebut. Ketahanan pangan BPOM di setiap daerah ada jejaringnya, jadi lebih mudah memantaunya," ungkap Penny.

 

201