Home Internasional Bahaya Polusi Udara Bagi Sistem Saraf

Bahaya Polusi Udara Bagi Sistem Saraf

Pennsylvania, Gatra.com - Polusi udara dapat menyebabkan risiko tinggi, salah satunya ialah gangguan saraf penciuman dan penyakit saraf lainnya seperti parkinson dan alzheimer.

Pernyataan tersebut didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Penn State University, yang diterbitkan dalam jurnal eLife. Penelitian ini berfokus pada hubungan antara kualitas udara yang buruk dengan aliran cairan serebrospinal (CSF) dalam tubuh.

Sebagai informasi, CSF ialah cairan dalam tubuh yang menyelimuti otak dan sumsum tulang belakang guna melindungi sistem saraf.

Peneliti Professor Penn State, Patrick Drew, mengatakan, CSF membantu tubuh untuk mengeluarkan racun yang ada di otak dan sumsum tulang belakang melalui hidung.selanjutnya. Ia juga mengatakan, polusi udara dapat mengganggu aliran CSF yang menyebabkan rusaknya protein tubuh, ini erat kaitannya dengan penyakit parkinson dan alzheimer.

Selain itu, polusi udara dapat mengurangi fungsi CSF, sehingga sangat memungkinkan untuk terjadinya penumpukan metabolit dan protein beracun, "Penumpukan ini tentunya akan menyebabkan gangguan saraf terhadap seseorang," ujar para peneliti.

Sementara itu, penelitian serupa pernah dilakukan kepada tikus, hasilnya ialah polusi udara mempengaruhi aliran CSF dengan merusak saraf penciuman.

Dilansir dari medicaldaily.com, Rabu (3/7) penelitian ini masih memelukan konfirmasi selanjutnya, "Kami akan melakukan kolaborasi bersama dengan Materials Research Institute," kata peneliti lain, Jordan Norwood.

Sampai saat ini polusi udara juga dikenal umum dapat memperburuk asma dan paru-paru.

554