Home Ekonomi Pasca Kebakaran Pasar Lubuk Alung, Pemda Salurkan Bantuan Rp300 Juta

Pasca Kebakaran Pasar Lubuk Alung, Pemda Salurkan Bantuan Rp300 Juta

Padang Pariaman, Gatra.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan bantuan bagi korban yang terdampak peristiwa kebakaran di pasar Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Minggu (14/7). Bantuan yang disalurkan senilai Rp200 juta untuk percepatan pembangunan kios sementara bagi korban yang terdampak musibah tersebut.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit didampingi Ketua Baznas Sumbar, Syamsul Bahri Khatib kepada Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dihadapan pedagang korban kebakaran di Pasar Lubuk Alung.

"Total bantuan dari Pemprov Sumbar dan Pemkab Padang Pariaman senilai Rp300 juta untuk pengerjaan penampungan sementara buat pedagang, agar bisa kembali beraktivitas," ujar Wagub Nasrul.

Ia menjelaskan sampai saat ini tim forensik dari kepolisian masih menyelidiki penyebab kebakaran. Sembari menunggu perkembangan dari kepolisian dirinya berharap pengurus pasar dapat melakukan pemulihan agar masyarakat dapat kembali beraktivitas.

Wagub juga meminta Bank Nagari sebagai bank daerah menyediakan kredit usaha rakyat dengan prosedur yang mudah kepada para korban. Pasar Lubuk Alung menurutnya telah menjadi urat nadi perekonomian masyarakat setempat.

"Pembangunan kios penampungan sementara akan mulai dikerjakan usai hasil laboratorium forensik dari Polri keluar, diperkirakan 3-4 hari lagi," katanya.

Sementara untuk pembangunan permanen, Wagub menyebutkan hal tersebut akan memakan waktu. Pembangunan itu terang Wagub dapat melibatkan penganggaran dari Pemkab Padang Pariaman di APBD 2020, namun tidak menutup kemungkinan bisa dibantu dengan anggaran Pemprov.

"Kita di Provinsi akan segera menugaskan dinas terkait untuk berkoordinasi dengan Pemda Padang Pariaman untuk mencari langkah-langkah agar pasar ini bisa dibangun kembali, tentunya lebih representatif lagi," ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kebakaran hebat terjadi di pasar Lubuk Alung, Padang Pariaman. Kobaran api dengan cepat menghanguskan beberapa los dan petak kios di lokasi kejadian.

Kapolres Padang Pariaman AKBP Rizki Nugroho SIK mengatakan jumlah keseluruhan kios korban kebakaran pasar Lubuk Alung sebanyak 142 petak dengan rincian, los A sebanyak 24 petak, Los L sebanyak 30 petak, kios penampungan sebanyak 84 petak, los baru sebanyak 4 petak.

256