Home Politik Ombudsman Harap Pemerintah Perbaiki Skema Pengawasan

Ombudsman Harap Pemerintah Perbaiki Skema Pengawasan

Jakarta, Gatra.com - Anggota Ombudsman RI (ORI), Alamsyah Saragih, meminta pemerintah dapat memperbaiki skema pengawasan di Indonesia yang cenderung menggunakan pola tangkap menangkap. 

"Selama ini pola yang digunakan adalah melakukan aksi tangkap dan bikin satgas. Hal seperti ini yang sebenarnya bikin orang jadi takut," ujar Alamsyah saat ditemui di Kantor Ombusdman RI, Jakarta Selatan, Rabu (17/7).

Seharusnya, lanjut Alamsyah, metode pengawasan melalui tindakan korektif. Tindakan korektif menurut Alamsyah, melakukan perbaikan sistem pelayanan.

"Jadi, sebuah pengawasan harus punya produk perbaikan sistem. Pengawasan itu harus bermuara pada perbaikan sistem. Semua negara demokratis yang berhasil melakukan fungsi pengawasan dengan paradigma perbaikan sistem, biasanya mereka menjadi lebih ramah terhadap investasi," ujarnya.

Alamsyah berharap, pemerintah yang baru dapat mempebaiki sistem pengawasan yang saat ini dinilai masih kurang. 

"Rasanya 5 tahun ke depan ini pemerintah harus sungguh-sungguh memperbaiki sistem pengawasan. Anggaran pengawasan sistem kita tidak proporsional. Jumlah personelnya juga tidak memadai," tambahnya.

131